Apa Itu Aplikasi POS?

Aplikasi POS adalah sebuah layanan yang dapat digunakan oleh para pebisnis untuk memudahkan setiap transaksi. Adanya point of sales tentu saja tidak hanya mempermudah pelaku usaha tetapi pelanggan nya juga. Sebab, customer bisa melakukan transaksi secara mudah dan cepat.

Coba bayangin kalau kamu masih menggunakan kasir manual yang bisa menghabiskan waktu dan tenaga pembeli maupun pebisnis. Bisa dibilang software POS dikenal dengan sistem kasir online dan sebenarnya juga tidak bisa disamakan dengan kasir konvensional. pula dengan sebutan mesin kasir online. Akan tetapi tidak bisa disamakan dengan kasir konvensional. POS lebih inovatif dan merupakan kombinasi antara perangkat lunak dan keras.

Dengan teknologi yang canggih pastinya sistem kasir online lebih inovatif, karena kombinasi perangkat lunak dan keras sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi.

Manfaat Software POS untuk Bisnis

Keberadaan sistem POS pada sebuah bisnis tentu saja sangat penting dan memberikan manfaat. Berikut ini keuntungan menggunakna aplikasi kasir online untuk bisnis.

  1. Mengetahui persediaan stok produk secara mudah dan cepat, karena akan secara otomatis produk yang sudah dijual menjadi berkurang.
  2. Tersedianya laporan keuangan secara real time, dengan begitu kamu dapat mengetahui arus kas perusahaan sekaligus menentukan strategi untuk meningkatkan penjualan.
  3. Mampu meningkatkan kepuasan pelanggan, karena transaksi yang dilakukan cepat dan mudah sehingga dapat membuat pelanggan merasa puas dan berdampak positif untuk usaha.
  4. Kemudahan promosi produk, buat kamu yang punya banyak toko offline bisa dengan mudah membuat berbagai macam promosi produk di seluruh store.

Baca juga: Email Marketing: Pengertian, Strategi, dan Tools yang Digunakan

Cara Memilih Software POS Terbaik

Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan sistem aplikasi pos kasir, aku mau kasih tau ke kamu tips memilih pos system terbaik yang tepat untuk bisnis kamu.

1. Disesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Setiap sistem pos menawarkan banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan perhitungan penjualan kamu. Sebelumnya, bisa kamu tentukan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis kemudian sesuaikan juga dari semua fitur yang dimiliki oleh software POS.2.

2. Pastikan Terjamin Keamanannya dan Mudah Digunakan

Kamu pasti menyimpan banyak data transaksi dan stok barang pada aplikasi kasir bukan? Nah, maka dari itu pastikan mencari software kasir yang keamanan datanya sudah terjamin.

Kamu bisa memilih aplikasi kasir yang menyediakan fitur pencatatan stok barang dan fitur integrasi ke semua penjualan kamu dengan begitu kamu bisa mengontrol stok barang masuk dan keluar. Kemudian pastikan software point of sale mudah digunakan, kamu bisa cari yang user friendly sehingga mudah mengakses semua fitur dengan cepat dan tentunya responsif.

3. Dapat Terhubung dengan Cloud

Dengan menggunakan aplikasi point of sale berbasis cloud, kamu bisa mengakses data kapan pun dan dimana pun. Karena dengan menggunakan software pos cloud kamu bisa merasa aman, semuanya bisa kamu lihat dan kontrol transaksi hariannya dari rumah.

4. Software POS Terhubung Dengan Sistem Omnichannel

Ketika kamu menggunakan aplikasi POS terbaik, pastikan terhubung dengan sistem omnichannel ya. Sebab, akan memudahkanmu dalam pengelolaan bisnis apalagi kalau kamu berjualan online dan offline, semuanya sudah terintegrasi

5. Adanya Customer Service

Setiap aplikasi atau software pasti pernah mengalami sistem error nah maka dari itu kamu bisa memilih aplikasi kasir yang didukung customer service cepat tanggap dan responsif.
Tujuannya agar masalah kamu bisa teratasi dengan cepat dan jika ada masalah yang terjadi lagi, kamu dapat dengan cepat melaporkannya dan dengan cepat juga mendapatkan bantuan.

Baca juga: Kemasan Minuman Ramah Lingkungan yang Cocok untuk Bisnis

6. Tersedia Berbagai Macam Pembayaran

Semakin berkembangnya teknologi, orang lebih memilih melakukan transaksi secara digital. Dari situ kamu bisa meningkatkan kenyamanan pelanggan kamu dalam bertransaksi di toko kamu.

Maka dari itu, pilih aplikasi kasir yang mencakup semua metode pembayaran karena semakin beragam metode pembayaran maka semakin praktis juga konsumen kamu membayar dan dengan cepat mendapatkan produk kamu.

7. Dapat Sinkronisasi Stok Penjualan

Tips terakhir, kamu bisa memilih aplikasi pos kasir yang sudah otomatis tersinkronisasi. Maksudnya setiap stok barang penjualan kamu yang laku dapat berkurang secara otomatis Nah, kamu bisa coba aplikasi Jubelio POs yang salah satu kelebihannya adalah sinkronisasi stok secara otomatis untuk penjualan offline dan online kamu hanya dalam satu sistem.

Ditambah ada fitur lainnya seperti BOPIS BORIS, endless aisle, dan fulfillment. Dengan fitur bopis boris, pelanggan kamu enggak perlu bayar ongkis kirim dan bisa retur barang dengan cepat. Sedangkan fitur endless aisle memudahkan kamu untuk mengecek stok barang offline dan online.

Aplikasi pos terbaik yang bisa kamu coba gunakan untuk bisnis adalah Jubelio POS. Dan paling terpenting semua fitur yang kamu butuhkan sudah tersedia di software pos Jubelio, salah satunya sudah terhubung dengan sistem omnichannel. Untuk penjelasan lengkap bisa kamu cek Jubelio selengkapnya

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dengan Instapay