Membagikan katalog barang ke pelanggan adalah bagian penting saat menjalankan bisnis. Dengan katalog yang menarik dan informatif, pemilik bisnis bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Tidak hanya saat jualan tatap muka di outlet, tapi juga saat jualan secara online.

Lalu, bagaimana ciri katalog barang yang optimal buat jualan online? Kamu perlu memperhatikan beberapa detail penting yang bisa meningkatkan efektivitas katalogmu. Yuk baca artikel ini buat mengetahui penjelasan lengkapnya, Temen Insta!

Kegunaan Katalog Barang

gKatalog barang berguna untuk menampung rangkaian barang yang dijual oleh sebuah usaha. Pada umumnya, katalog ini berisi harga, deskripsi, dan foto dari barang tersebut. Hal ini juga akan mempermudah tim sales untuk menawarkan rangkaian produk ke pelanggan dan membantu customer service dalam menjawab pertanyaan pelanggan mengenai produk apa saja yang dijual.

Selain dari sisi penjual, pelanggan juga semakin dipermudah dengan adanya katalog ini. Katalog yang optimal bisa meningkatkan pengalaman pelanggan dan mempersingkat proses transaksi pembelian. Jadi, katalog yang efektif memang sangat berguna bagi kelancaran sebuah bisnis.

Ciri Katalog Barang Optimal

contoh-katalog-barang

Selanjutnya mari kita bahas mengenai deretan ciri-ciri yang dimiliki oleh katalog barang yang optimal. Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa menerapkannya pada katalog milik bisnismu khususnya dengan memanfaatkan teknologi digital. Apa saja cirinya? Simak daftar di bawah ini, ya.

1. Mudah Dibagikan

Jika jualan dilakukan secara online, maka pemilik bisnis tidak bisa bertatap muka langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk memiliki katalog barang yang bisa dibagikan dengan mudah melalui chat, email, atau bisa juga dicantumkan di media sosial. Hindari membuat katalog dengan akses yang sulit, misalnya dalam bentuk pdf dengan ukuran file yang besar.

Akses yang mudah bisa ditandai dengan fleksibilitas pembagian katalog yang membuat pelanggan tidak perlu melakukan usaha ekstra untuk bisa melihat daftar barang dalam katalog. Bentuk katalog yang mudah diakses bisa berupa link atau kode QR.

2. Tampilan Sederhana

Tampilan dari katalog juga sebaiknya dibuat dengan desain dan layout yang sederhana sehingga mempermudah pelanggan dalam memindai produk. Susunan produk yang rapi serta alur katalog dari satu halaman ke halaman yang lainnya berpengaruh besar dalam menentukan kepuasan pengalaman belanja pelanggan.

3. Informatif

Katalog barang yang optimal biasanya memuat informasi penting dengan lengkap. Informasi yang dicantumkan sebaiknya dikurasi sedemikian rupa sehingga apa yang tercantum adalah poin penting yang ingin disampaikan ke pelanggan.

Beberapa informasi penting yang dicantumkan di antaranya adalah nama produk, harga, deskripsi, dimensi/ukuran, berat, petunjuk penggunaan, dan cara penyimpanan produk. Karena pelanggan tidak bisa mencoba produk secara langsung, maka sangat penting untuk mengedukasi pelanggan mengenai produk tersebut sehingga seolah sedang berbelanja langsung. Tambahkan juga teknik copywriting agar pelanggan lebih tertarik untuk membeli.

Baca juga: Copywriting untuk Penjualan: Sebuah Seni Berbisnis Menggunakan Tulisan

4. Terhubung dengan Pembayaran

Integrasi katalog produk dengan pembayaran akan meningkatkan efektivitas alur transaksi pembelian pelanggan. Jadi, setelah pelanggan sudah memilih dan menemukan produk-produk yang akan dibeli, mereka dapat langsung membayar sesuai total nominal belanja. Metode pembayaran yang digunakan juga online agar pelanggan bisa langsung membayar dari perangkat yang mereka gunakan.

5. Mudah Dikelola

Nah selain dari sisi pelanggan, kemudahan pemilik bisnis untuk mengelola katalog juga tidak dapat disepelekan. Katalog digital yang digunakan sebaiknya dapat diakses dari perangkat sederhana dan dapat dibuat tanpa skill khusus seperti coding. Kecuali kalau kamu memang seorang developer yang mengerti tentang coding atau programming ya, Temen Insta.

Dengan teknologi yang berkembang dengan cepat, kamu bisa mempunyai katalog produk yang optimal tanpa proses yang rumit, lho. e-Catalog dari Instapay adalah salah satu website toko online yang membantu kamu membuat dan membagikan katalog barang dengan mudah.

Pengguna bisa langsung membuat katalog dari aplikasi mobile dan membagikannya dalam bentuk link ke pelanggan. Tanpa perlu download aplikasi, pelanggan cukup mengakses link katalog dari browser. 

Untuk kamu yang jualan produk berupa barang, tersedia juga opsi pengiriman yang sudah terintegrasi dalam katalog ini. Sehingga pelanggan bisa langsung membayar total tagihan termasuk ongkir dengan berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih. Tertarik untuk coba? Buat katalog gratis pakai Instapay di sini.

Itulah ulasan lengkap mengenai ciri katalog barang yang optimal untuk jualan online. Mari terus meningkatkan wawasan bisnis agar bisa senantiasa bersaing di industri digital seperti sekarang. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment