Kamu pasti pernah melihat tulisan dalam iklan, bukan? Misalnya dalam billboard sebuah produk yang dicetak begitu besar.

Ibarat sebuah tanaman, copywriting adalah bunga indah yang merekah sehingga mengundang lebah untuk datang. Begitu halnya dalam bisnis, copywriting bisa menjadi alasan kenapa pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Lalu, apa sih copywriting itu, Temen Insta? Banyak definisi yang berkembang tentang apa yang dimaksud dengan hal ini. Namun secara sederhana, copywriting adalah sebuah teknik membujuk pelanggan melalui tulisan untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan sebuah brand. Misalnya untuk membeli produk, subscribe layanan, dan download aplikasi yang dapat dituangkan dalam media cetak maupun elektronik.

Jenis-jenisnya Apa Saja?

Seorang copywriter terkemuka bernama Stasa Durdic menyebutkan bahwa teknik penulisan ini bisa dibagi menjadi lima jenis. Berikut penjelasannya:

Direct Response Copywriting

Seperti namanya, jenis penulisan ini ditujukan untuk mendapatkan tanggapan langsung dari pembaca. Ciri utamanya adalah terus terang, langsung, dan mudah dipahami. Misal, ketika menggiring pembaca untuk menekan tombol download, like, dan share.

Marketing Copywriting

Naskah iklan jenis ini fokus pada kebutuhan, keinginan, dan masalah spesifik yang dialami pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk menjelaskan solusi yang ditawarkan sebuah bisnis kepada pelanggannya dalam tulisan ini. Contohnya pada halaman utama sebuah website dan email penjualan.

Brand Copywriting

Menyampaikan citra dan identitas brand adalah tujuan utama dari penulisan ini. Untuk mencapainya, diperlukan penulisan yang mampu membangun hubungan emosional dengan target pelanggan dari bisnis tersebut. 

SEO Copywriting

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik untuk mengupayakan sebuah website dapat muncul di peringkat teratas mesin pencari sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas kunjungan. Oleh karena itu, SEO copywriting tidak hanya fokus pada  penulisan tapi juga bagaimana membuat konten website menjadi yang pertama dibaca oleh calon pelanggan saat menulis kata kuncinya di mesin pencari.

Technical Copywriting

Ditujukan untuk pembaca yang memiliki pengetahuan mendalam tentang suatu topik, membuat teknik ini penuh dengan informasi dan tidak jarang juga menggunakan istilah teknis. Dengan adanya tulisan jenis ini diharapkan mampu membangun ikatan yang lebih kuat dengan target pelanggan dan menyebarkan kosakata teknis sehingga bisa didengar oleh lebih banyak orang.

Kenapa Copywriting Itu Penting?

copywriting vector

Tulisan adalah pembawa peradaban. Jika dimanfaatkan dengan benar, media ini bisa menjadi jembatan yang baik antara bisnis dengan pelanggan.Teknik yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai naskah iklan ini, bisa memperkenalkan produk bisnis kamu pada target pelanggan yang tepat sehingga mampu menangkap perhatian mereka.

Lebih dari itu, copywriting menjadi penting karena mampu meningkatkan profit dan mencapai tujuan bisnis dengan meyakinkan target pelanggan bahwa produk yang ditawarkan bisa memecahkan masalah dan memberikan nilai dalam hidup mereka.

Demikian ulasan tentang copywriting yang bantu bisnis makin bisa bersaing. Namun jangan lupa kalau teknik ini adalah cara komunikasi. Apa gunanya komunikasi baik tapi tidak diimbangi dengan kemudahan untuk pelanggan?

Sudah saatnya bisnis kamu mampu menawarkan transaksi praktis bersama Instapay. Sebagai online invoicing terbaik, Instapay mampu memberikan kemudahan pembayaran hanya dengan 1 link yang dikirim ke pelanggan. Setelah itu, penjual juga akan mendapatkan notifikasi real-time saat pembayaran sudah dilakukan. Tidak perlu ditunda lagi, Download Instapay App Yuk, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment