Tidak bisa dipungkiri kalau jumlah pendapatan berperan besar dalam keberlangsungan dan perkembangan sebuah bisnis. Oleh karena itu, cara meningkatkan omset menjadi topik yang hangat dibicarakan di kalangan pemilik bisnis. Karena bisnis tidak selamanya meningkat seperti grafik garis lurus, ada kalanya pemilik bisnis perlu berhenti sejenak untuk menentukan strategi efektif agar pendapatan bisa berkembang.
Jika kamu mempunyai semangat berkembang yang sama, maka kamu berada di halaman yang tepat karena Instapay akan mengulas beragam cara meningkatkan omset dengan efektif. Langkah ini cocok untuk diterapkan bisnis dengan skala kecil hingga besar berdasarkan perkembangan teknologi. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini ya, Temen Insta!
Apa Itu Omzet?
Mari tarik garis kembali ke awal untuk memahami bersama tentang pengertian dari omzet itu sendiri. Omzet adalah total keseluruhan penjualan produk selama periode tertentu. Perhitungannya dapat dilakukan per bulan, per kuarter, maupun tahunan. Semakin banyak produk yang terjual, semakin besar juga omzet yang dihasilkan.
Perlu dipahami bawah omzet ini berbeda dengan profit, ya. Sebagai pemilik bisnis, informasi ini adalah hal mendasar yang perlu kamu mengerti. Jadi, omzet adalah total nilai penjualan, sementara profit adalah keuntungan bersih setelah dikurangi berbagai biaya yang dikeluarkan selama proses produksi hingga produk sampai di tangan pelanggan.
Baca juga: Pengertian Omzet dan Panduan Sederhana Menghitungnya
Cara Meningkatkan Omzet
Sekarang kita tiba di topik yang ditunggu-tunggu yaitu cara meningkatkan omzet untuk sebuah bisnis. Pada dasarnya tidak ada satu jawaban ajaib yang bekerja untuk semua jenis bisnis. Rangkuman berikut adalah tambahan referensi bagi kamu yang ingin mendapat inspirasi untuk menentukan cara meningkatkan omset yang paling sesuai untuk bisnismu.
Pilihlah langkah yang paling cocok atau bisa juga melakukan kombinasi beberapa cara sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mendongkrak omzet bisnis:
1. Adaptif dengan Tren
Perkembangan teknologi membuat informasi tersebar dengan jauh lebih masif sehingga menciptakan tren-tren baru yang dengan cepat melekat di benak audiens. Salah satunya adalah tren di media sosial. Adanya media yang masif ini membuat cara meningkatkan omset menjadi lebih fleksibel dengan mengikuti tren yang ada.
Salah satunya adalah penulisan copywriting dan content writing saat memasarkan produk. Audiens zaman sekarang cenderung menyukai konten yang soft selling dan tidak terlalu menonjol. Contoh konten soft selling yang viral adalah konten TikTok Optika Lunett dengan mengangkat topik sederhana yang dekat dengan audiens. Produk yang ditawarkan hanya dipakai oleh content creator tanpa terlalu menonjolkan produk.
2. Menyediakan Opsi Pembayaran Online
Mengingat penetrasi internet Indonesia yang mencapai lebih dari 70{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4}, maka tidak heran kalau permintaan akan pembayaran online kian meningkat. Masyarakat sekarang cenderung menyukai proses transaksi yang mudah tanpa perlu membawa uang tunai.
Kamu bisa menyediakan pembayaran online untuk pelanggan dengan mudah menggunakan aplikasi Instapay. Tersedia fitur untuk menyediakan layanan pembayaran secara online baik saat jualan di toko fisik atau toko online. Bebaskan bisnismu dari proses integrasi pembayaran rumit pakai Instapay.
3. Strategi Upselling dan Cross Selling
Upselling adalah teknik penjualan dengan menawarkan produk sejenis yang nilainya lebih tinggi kepada pelanggan. Contohnya adalah saat pelanggan memesan produk minuman dengan ukuran small, kamu biasa menawarkan minuman sejenis dengan ukuran yang lebih besar.
Sedangkan cross selling adalah teknik penjualan dengan menawarkan produk pelengkap dari produk yang akan dibeli pelanggan. Misalnya jika pelanggan memesan produk minuman, kamu bisa menawarkan cemilan manis sebagai pelengkap hidangan pelanggan.
Baik upselling maupun cross selling berpotensi untuk memicu pelanggan membeli dalam jumlah yang lebih besar. Hal ini tentu akan bermuara pada salah satu cara meningkatkan omzet yang efektif.
4. Maksimalkan Layanan Pelanggan
Kepuasan pelanggan adalah salah satu kunci utama untuk membuka peluang dalam meningkatkan pendapatan bisnis. Pastikan untuk memberikan layanan yang prima terlepas dari besarnya nominal pembelian pelanggan. Kamu bisa memberikan hal-hal kecil yang berkesan seperti kartu ucapan, free gifts, hingga opsi membership untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.
Baca juga: 7 Cara Jitu Meningkatkan Penjualan Online yang Wajib Dicoba
5. Buat Campaign Promo
Memilih promosi penjualan yang tepat mampu meningkatkan penjualan dengan optimal. Pastikan bahwa campaign promo yang dipilih sesuai dengan kondisi target pasar dan sumber daya yang kamu miliki. Jangan sampai menghabiskan dana terlalu besar untuk promosi tanpa kalkulasi pengeluaran yang tepat.
Jenis promo yang diberikan juga hendaknya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya promo beli 1 gratis 1 cocok untuk menghabiskan stok produk. Sementara promo harga diskon lebih cocok untuk kamu yang ingin memikat lebih banyak pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.
Demikian ulasan tentang cara meningkatkan omzet yang bersifat umum tapi juga powerful. Jangan ragu untuk berbagi strategi bisnis ala kamu dengan menuliskannya di kolom komentar, ya. Semoga artikel ini bermanfaat, Temen Insta!