Aplikasi pembayaran digital dapat digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran sehari-hari. Mengingat jumlah transaksi online yang semakin meningkat, kini variasi aplikasi yang digunakan untuk membayar pun sangat beragam.

Selain untuk mengirim pembayaran, tersedia juga aplikasi pembayaran digital yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran. Aplikasi tersebut dapat mempermudah pemilik bisnis untuk menerima pembayaran dengan praktis dan aman.

Penasaran apa saja aplikasi pembayaran yang praktis dan populer di Indonesia? Simak daftarnya dalam artikel berikut ya, Temen Insta!

Mengenal Pembayaran Digital

Seperti namanya, pembayaran digital adalah transaksi pembayaran yang menggunakan teknologi digital. Teknologi ini mempermudah transaksi antara penjual dan pembeli karena tidak harus bertatap muka untuk melakukan transaksi. Pembayaran digital sering disebut juga sebagai pembayaran online atau pembayaran elektronik.

Metode pembayaran digital yang ada juga cukup beragam, misalnya dengan QRIS, dompet digital atau e-wallet, virtual account, kartu kredit, kartu debit, dan masih banyak lainnya. Salah satu metode pembayaran digital yang populer di kalangan UMKM adalah QRIS.

Aplikasi pembayaran digital menjadi inovasi yang dikembangkan untuk mempermudah transaksi pembayaran online, khususnya transaksi dengan ponsel. Kini, pemilik bisnis ataupun pelanggan bisa menggunakan aplikasi jenis ini untuk mendapatkan transaksi yang lebih efektif dan mudah.

Aplikasi Pembayaran Digital

rekomendasi-aplikasi-pembayaran-digital

Selanjutnya, mari kita bahas berbagai aplikasi pembayaran digital yang praktis dan cocok untuk digunakan transaksi sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya:

1. Instapay by iFortepay

    Instapay by iFortepay adalah platform pembayaran online yang cocok untuk bisnis. Aplikasi pembayaran digital ini digunakan penjual untuk menerima pembayaran dari pelanggan. Tersedia opsi terima pembayaran dengan payment link yang dikirim ke pelanggan atau payment in-store berupa QR Code yang bisa dipindai pelanggan.

    Penjual dapat membuat invoice atau tagihan pada aplikasi mobile kemudian membagikan tagihan tersebut dalam bentuk payment link ke pelanggan. Pelanggan dapat membayar dengan klik link yang akan diarahkan ke halaman pembayaran di browser tanpa perlu login atau register.

    Tersedia berbagai metode pembayaran yang dapat dipilih penjual untuk disediakan dalam halaman pembayaran pelanggan. Ketika pembayaran pelanggan masuk, penjual akan mendapat notifikasi real-time di aplikasi. Semua transaksi tercatat otomatis dan dapat dikelola dengan mudah melalui aplikasi.

    Baca juga: Tingkatkan Kualitas Layanan, Instapay Sekarang Menjadi Bagian dari iFortepay

    2. OVO

    Aplikasi OVO adalah platform pembayaran yang diluncurkan pada 2017 oleh Lippo Group dan telah menjalin kerja sama dengan berbagai merchant. Layanan utama OVO adalah OVO Cash yang digunakan untuk bertransaksi dan OVO Point yang digunakan untuk mengumpulkan poin dari jumlah transaksi yang dilakukan dengan OVO Cash.

    OVO menjadi salah satu e-wallet yang populer di Indonesia. Terlebih lagi OVO telah bekerja sama dengan GRAB untuk menyediakan pembayaran digital. Aplikasi ini dapat digunakan dengan mudah oleh pelanggan untuk melakukan pembayaran, baik in-store maupun online.

    3. Shopeepay

    Aplikasi pembayaran digital selanjutnya merupakan inovasi dari Shopee. ShopeePay adalah fitur layanan uang elektronik yang mendukung untuk digunakan sebagai metode pembayaran online.

    Aplikasi pembayaran digital dari ShopeePay menjadi bagian dari aplikasi Shopee, sehingga pelanggan yang ingin membayar dengan Shopeepay bisa dilakukan dengan membuka aplikasi Shopee.

    Selain digunakan untuk transaksi dalam platform marketplace, Shopeepay juga menjadi pilihan pelanggan untuk melakukan transaksi sehari-hari. Seperti belanja online di media sosial, membayar belanjaan di toko offline, bahkan untuk membayar QRIS dari pedagang.

    4. DANA

    DANA adalah aplikasi dompet digital yang terdaftar di Bank Indonesia sejak tahun 2018. Fitur dompet digital memungkinkan pelanggan untuk menyimpan data kartu debit atau kredit dalam aplikasi tersebut. Fitur ini membuat pembayaran pelanggan menjadi lebih nyaman dan fleksibel.

    DANA juga mendukung untuk melakukan pembayaran dengan QRIS, sehingga pelanggan bisa memindai kode QRIS menggunakan aplikasi DANA. Aplikasi pembayaran digital ini juga bisa digunakan pelanggan untuk melakukan transaksi ketika sedang berada di Malaysia, Singapura, dan Thailand.

    Baca juga: Contoh Jurnal Akuntansi yang Tepat untuk Bisnis

    5. LinkAja

    LinkAja adalah penyedia jasa pembayaran yang telah terdaftar di Bank Indonesia sejak 2019. LinkAja dapat digunakan pelanggan untuk melakukan transaksi pembayaran sehari-hari. Misalnya untuk membayar QRIS, membeli paket internet, token listrik, hingga paket internet.

    Selain itu, LinkAja juga mendukung untuk berbagai transaksi transportasi. Di antaranya adalah untuk membayar Grab, Gojek, KRL, MRT, LRT, Transjakarta, kereta bandara, hingga membeli BBM di Pertamina.

    6. BCA mobile

    Selanjutnya, kita bergeser dari e-wallet ke mobile banking. BCA mobile adalah aplikasi pembayaran digital berupa mobile banking yang diluncurkan bank kenamaan Indonesia, BCA. Aplikasi ini dikenal dengan tampilan yang ringkas dan tepat guna, serta performa penggunaan yang cukup stabil.

    Pelanggan dapat memakai aplikasi BCA mobile untuk membayar QRIS hingga virtual account BCA. Aplikasi ini juga mempunyai fitur Lifestyle yang dapat digunakan untuk berbelanja kebutuhan hiburan tanpa perlu pindah-pindah aplikasi. Selain itu, BCA mobile juga dapat digunakan untuk top up kartu Flazz pada smartphone dengan fitur NFC.

    7. Livin by Mandiri

    Livin by Mandiri diluncurkan pada Oktober 2021 oleh Bank Mandiri. Aplikasi pembayaran digital ini mempunyai fitur yang lengkap hingga mengusung tagline #SuperAppSuperLengkAPP.

    Aplikasi ini dikenal dengan tampilannya yang cerah dan segar, serta dukungan fitur yang cocok untuk transaksi sehari-hari. Livin by Mandiri memungkinkan pelanggan untuk membayar QRIS, membayar tanpa kartu dengan Tap To Pay, aktivasi deposito berjangka, reservasi layanan kantor cabang, linkage e-wallet, dan masih banyak lainnya.

    8. BRImo

    BRI melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi keuangan digital bernama BRImo. Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi nasabah maupun non nasabah BRI untuk melakukan transaksi dengan tampilan dengan pengalaman pengguna aplikasi yang mumpuni.

    BRImo mempunyai berbagai fitur, beberapa di antaranya adalah login face recognition, login fingerprint, pembayaran QRIS, top up e-wallet, dan masih banyak lainnya. Aplikasi dikembangkan dengan tujuan untuk beradaptasi dengan perilaku transaksi nasabah yang bergeser dari ATM dan SMS banking menjadi transaksi berbasis internet.

    9. BNI Mobile Banking

    BNI meluncurkan BNI Mobile Banking untuk memfasilitasi transaksi nasabah dengan mudah, aman, dan cepat melalui ponsel. Aplikasi ini mendukung transaksi lokal dan luar negeri, hingga transaksi cardless seperti QRIS.

    Pelanggan dapat menggunakan BNI Mobile Banking untuk berbagai transaksi perbankan hingga kebutuhan harian seperti membeli token listrik, membayar virtual account, hingga tarik tunai tanpa kartu.

    10. OCTO Mobile

    OCTO Mobile adalah aplikasi mobile banking yang dirilis oleh CIMB Niaga. Aplikasi ini bisa diunduh di App Store, Play Store, dan AppGallery. Selain digunakan untuk melakukan pembayaran, aplikasi ini juga menyediakan fitur hiburan berupa gamification, fitur financial check up, hingga kemampuan akses menu pilihan tanpa login.

    OCTO Mobile juga mempermudah transaksi pelanggan harian seperti pembayaran QR dan top up e-wallet.

    11. PayPal

    PayPal adalah perusahaan multinasional dari Amerika Serikat yang berpusat di San Jose, California. PayPal memungkinkan pelanggan untuk membayar secara internasional. PayPal juga tersedia dalam bentuk aplikasi pembayaran digital yang dapat diunduh Play Store atau App Store.

    Itulah daftar berbagai aplikasi pembayaran digital yang dapat dipilih untuk menerima atau mengirim pembayaran. Semoga artikel ini membantu, ya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Temen Insta!