Saat jualan di media sosial, biasanya kita ingin mencantumkan banyak link penting di bio agar mudah diakses audiens. Sayangnya, bio akun akan sangat penuh bila banyak link dituliskan sekaligus. Oleh karena itu, membuat Linktree adalah langkah yang tepat agar audiens bisa mengakses berbagai link usahamu dengan praktis tanpa merusak estetika bio profil. Simak cara lengkap membuat Linktree di artikel ini yuk, Temen Insta!

Mengenal Linktree

Linktree adalah sebuah layanan digital asal Australia yang membantu pengguna untuk membuat halaman khusus yang berisi berbagai link. Sehingga, pengguna bisa membagikan berbagai link melalui sebuah halaman Linktree.

Orang-orang mulai menggunakan layanan ini untuk mengorganisir berbagai link mereka. Salah satunya untuk dicantumkan di bio media sosial, misalnya Instagram. Terlebih lagi, pengguna hanya dapat mencantumkan satu link clickable (dapat diklik) pada bio Instagram.

Jika mencantumkan banyak link secara manual di bio tentunya akan merusak estetika halaman profilmu. Karenanya, membuat Linktree menjadi pilihan banyak pemilik usaha untuk mempermudah jualan di media sosial.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan pemilik usaha jika membuat Linktree untuk dibagikan di media sosial:

  • Memudahkan audiens mengakses link catalog atau channel bisnis yang diinginkan
  • Meningkatkan traffic masing-masing link
  • Menghubungkan audiens dengan berbagai link penting
  • Mengetahui catalog atau channel mana yang paling sering dikunjungi.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk: Pengertian, Jenis, dan Cara Menyusunnya untuk Pemula

Berbagai brand ternama juga telah menggunakan Linktree untuk dicantumkan di bio akun Instagram, lho. JADE Jakarta adalah salah satunya. Kamu bisa melihat tampilan bio Instagram JADE di bawah ini:

contoh-linktree-jade

Cara Gratis Membuat Linktree

Setelah mengenal lebih dalam tentang pengertian, manfaat, dan contoh membuat Linktree, kamu bisa mencobanya langsung untuk bisnismu juga. Tenang saja, Linktree menyediakan plan gratis untuk kamu yang masih ingin mencoba dan belum ada budget lebih.

Untuk memudahkan kamu, langkah membuat Linktree dalam artikel ini dibagi menjadi membuat akun dan membuat link. Yuk simak langsung caranya di bawah ini!

A. Membuat Akun Linktree

1. Akses Website Linktree

website membuat linktree

Kamu bisa mengakses website Linktree dengan mencarinya di Google atau klik https://linktr.ee/. Setelah terbuka halaman seperti di atas, klik Sign up free pada pojok kanan atas untuk mendaftar.

2. Masukkan Informasi Pendaftaran

daftar-linktree

Untuk bisa mendaftar dan membuat akun Linktree, kamu perlu memasukkan username dan email yang valid. Username bisa diisi nama tokomu dan pastikan email yang didaftarkan bisa kamu akses, ya.

3. Masukkan Password

password-linktree

Langkah membuat Linktree selanjutnya adalah memasukkan password. Pastikan password terdiri dari huruf dan angka. Jika sudah memasukkan password, klik tombol Continue untuk melanjutkan proses.

4. Masukkan Informasi Akun

informasi-linktree

Kemudian masukkan informasi akun sesuai kolom yang disediakan. Di antaranya adalah nama toko, jenis akun Linktree, dan kategori bisnis yang dijalankan. Klik tombol Continue berwarna ungu jika sudah selesai mengisi informasi akun.

5. Pilih Plan Free

membuat-linktree-gratis

Linktree menyediakan berbagai macam jenis plan sesuai kebutuhan bisnismu. Untuk plan gratis, kamu bisa centang plan paling kiri. Kemudian klik Get Free seperti tombol di bawah ini:

6. Verifikasi Email

verify-email-linktree

Cek kotak masuk emailmu dan buka email verifikasi dari Linktree. Klik Verify Email untuk memverifikasi email akunmu.

7. Lakukan Sign In

verifikasi-akun-linktree

Jika muncul tampilan seperti gambar di atas artinya akunmu sudah terverifikasi. Kamu sudah menyelesaikan langkah pembuatan akun Linktree. Klik Sign In to Continue untuk melanjutkan ke proses membuat link.

B. Membuat Link

1. Buat Link baru

cara-membuat-linktree

Klik Add New Link untuk membuat link baru. Selanjutnya masukkan nama link dan link yang diinginkan. Jangan lupa untuk menyalakan toggle warna hijau di samping nama link untuk mengaktifkan link. Informasi yang dimasukkan dari contoh di atas adalah:

Kamu juga bisa memasukkan thumbnail pada masing-masing link seperti gambar di atas. Gambar layar ponsel di samping informasi link adalah preview tampilan Linktree yang sedang kamu buat. Kamu bisa memasukkan lebih dari satu link dalam akun Linktree tokomu.

2. Bagikan Linktree

membagikan linktree
Setelah link berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membagikannya. Klik Share pada pojok kanan atas layar. Ada 4 skema yang ditawarkan, yaitu tambahkan ke profil media sosial (Add to your socials), membagikan secara langsung ke semua pengikut media sosial (Share my Linktree to), kode QR (My Linktree QR code), dan menyalin tautan Linktree secara langsung (Copy).

Cara membagikan paling sederhana bisa kamu lakukan dengan klik Copy. Selanjutnya buka profil akun media sosialmu, misalnya Instagram. Kemudian klik Edit Profil >>> klik Tautan >> klik Tambahkan tautan eksternal >>> lalu paste tautan Linktree pada kolom URL. Pastikan untuk klik centang biru pada pojok kanan atas untuk menyimpan tautan di profil.

Selesai, deh! Kini audiens sudah bisa mengakses tautan Linktree melalui bio Instagram. Masukkan berbagai koleksi catalogmu ke dalam linktree juga, ya. Untuk membuat catalog dengan mudah dan personal kamu bisa mencoba Instapay Catalog secara gratis. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut.
Demikian ulasan tentang membuat Linktree yang bisa mempermudah jualanmu di media sosial. Selamat mencoba, Temen Insta! Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk tulis komentar di bawah ini, ya.