Halo, Temen Insta! Tepat pada 12 Oktober 2022, Instapay mengadakan webinar yang berkolaborasi dengan Komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis (IIDB). Webinar yang bertema “Jalankan Bisnis Mudah dari Rumah untuk Hasilkan Cuan Melimpah” ini digelar pukul 07.00 – 09.00 WIB. Acara berlangsung secara interaktif dan dipandu oleh Yulia Rachmawaty selaku moderator.

Ada 2 sesi dalam webinar kali ini. Sesi pertama dibawakan oleh Irfan Yuliandi dengan topik Strategi Digitalisasi Bisnis yang Mudah dan Efektif. Sementara materi sesi kedua dipaparkan oleh Indari Mastuti mengenai Emak-Emak Melek Digital. Pada akhir setiap sesi, peserta dapat memberikan pertanyaan atau sharing tentang bisnis digital.

Digitalisasi Bisnis Bisa Dilakukan dengan Mudah

webinar instapay

Sesi pertama dibawakan oleh Irfan Yuliandi, Product Marketing Lead dari Instapay. Beliau mengawali sesi dengan menjabarkan pentingnya digitalisasi. Tidak sekedar mengikuti tren, pergeseran bisnis dari offline ke online nyatanya memang penting dilakukan karena dapat menghemat biaya operasional yang mahal dari toko offline, berpotensi meningkatkan penjualan, dan mempunyai pencatatan data yang terstruktur.

Memulai proses digitalisasi ini tidak perlu dilakukan dengan proses yang rumit. Pemilik bisnis bisa mengawalinya dengan membuat akun media sosial untuk memasarkan produk. Perhatikan konten yang dibuat agar selalu menarik tapi tetap sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Pemilik bisnis juga bisa menggunakan tools sederhana seperti Canva dan Capcut. Manfaatkan pula iklan berbayar atau ads untuk mempercepat perkembangan bisnis digital.

Selanjutnya pemilik bisnis sebaiknya membagikan produk secara berkala untuk mengingatkan pelanggan. Tidak perlu memikirkan perangkat rumit, pemilik bisnis bisa membuat sendiri e-catalog sesuai kebutuhan pakai aplikasi mobile Instapay. Kini pemilik bisnis dari berbagai skala, termasuk UMKM, bisa punya bisnis digital tanpa proses yang rumit. Aplikasi Instapay juga dapat digunakan secara gratis sehingga cocok untuk yang baru memulai bisnis dengan modal yang terbatas.

Cara Efektif Melek Digital

webinar iidb

Siapa bilang ibu-ibu tidak bisa melek digital? Indari Mastuti, CEO Indscript dan Founder Komunitas IIDB, menjelaskan bagaimana cara melek bisnis digital yang efektif khususnya bagi ibu-ibu. Di era modern seperti sekarang, paham tentang perkembangan digital sudah menjadi kewajiban. Tidak hanya untuk anak muda, tapi juga ibu-ibu yang usianya lebih dewasa.

Melek digital tidak perlu menunggu semua pihak dan infrastruktur siap, tapi dimulai dari dalam diri yang mau berinisiasi. Karena jika tidak mau bergeser ke platform digital, kemungkinan besar bisnis juga akan tertinggal. Tidak perlu berkecil hati dan punya pemikiran bahwa ibu-ibu itu gagap teknologi (gaptek), karena semua diawali dari rasa ingin tahu dan kemauan belajar yang tinggi.

Pemilik bisnis perlu bergeser dari pola lama ke pola baru untuk menyesuaikan bisnis dengan perkembangan zaman. Customer yang masih terhambat dengan digitalisasi, juga bisa dibantu secara perlahan agar bisa melek digital. Pemilik bisnis perlu proaktif untuk turut mengedukasi pelanggan sehingga bersama-sama mampu melek digital. Selain itu, ibu-ibu pengusaha juga bisa mengikuti berbagai komunitas yang mendukung untuk semakin paham tentang digitalisasi.

Dengan adanya webinar ini, pemilik usaha bisa semakin terbantu untuk menyediakan catalog produk dan pembayaran berbasis digital. Semua prosesnya dilakukan dengan mudah melalui ponsel sehingga cocok untuk berbagai kalangan, termasuk ibu-ibu. Kemudahan tersebut tentunya bisa diwujudkan menggunakan Instapay, aplikasi transaksi bisnis digital terbaik yang telah bekerja sama dengan berbagai klien ternama. Segera daftarkan bisnismu di sini ya, Temen Insta!

 

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment