Survei yang dilakukan oleh Gartner menunjukkan bahwa rata-rata budget yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan untuk marketing mencapai 11% dari pendapatan. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan ini adalah hal yang vital untuk dilakukan. Agar bisnis makin berkembang, pahami ulasan berikut yuk, Temen Insta!

Apa Itu Marketing?

Menurut American Marketing Association (AMA), marketing adalah rangkaian kegiatan, institusi, dan proses untuk membuat, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan bertukar penawaran yang mempunyai nilai untuk pelanggan, klien, partner, dan masyarakat umum.

Kegiatan yang disebut juga pemasaran ini, mencakup pengiklanan, penjualan, dan penyampaian produk ke target pelanggan atau bisnis lain. Idealnya, rangkaian aktivitas ini bisa membuat calon pelanggan tertarik pada produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, dibutuhkan riset, analisis, dan penyusunan strategi yang tepat untuk mencapainya.

Pentingnya Marketing untuk Bisnis

Kesuksesan sebuah bisnis tidak bisa terlepas dari upaya marketing yang optimal. Bahkan seiring berjalannya waktu, marketing tradisional kini juga merambah ke media digital agar terus relevan dengan perkembangan teknologi, lho. Lalu, apa saja alasan marketing menjadi sangat penting untuk bisnis?

  1. Memberitahu masyarakat tentang produk dan jasa yang ditawarkan
  2. Membantu menentukan target pelanggan dan berinteraksi dengan mereka
  3. Mengetahui perkembangan kebutuhan pasar
  4. Membangun kepercayaan dari pelanggan
  5. Mempercepat pertumbuhan bisnis

Strategi Marketing 4P

Strategi marketing 4P pertama kali dikemukakan oleh E. Jerome McCarthy, seorang profesor dari bidang marketing. Strategi ini menjelaskan tentang 4 variabel yang berpengaruh penting dalam setiap proses bisnis dari awal hingga akhir. Berikut penjelasan dari masing-masing variabel:

Product 

Sebuah produk merujuk pada setiap barang atau layanan yang dibuat dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari target pelanggan yang ada. Jika produk yang dikembangkan sangat menarik, maka bisa membuat calon pelanggan percaya bahwa membutuhkan produk tersebut untuk membantu kehidupan mereka.

Price

Seperti namanya, price atau harga adalah jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan. Elemen ini menjadi faktor penting untuk diperhatikan. Beberapa bisnis sengaja memberikan harga yang tinggi untuk memberikan kesan mahal. Sedangkan, ada bisnis yang memberikan harga yang lebih murah sehingga bisa menjangkau lebih banyak pelanggan yang bisa membeli produk tersebut.

Place

Place atau tempat perlu dipertimbangkan dengan baik terutama ketika sistem penjualannya secara offline. Selain itu, tempat juga berpengaruh penting ketika proses pendistribusian produk. Prinsip utama variabel ini adalah membuat produk yang ditawarkan menjadi semudah mungkin ditemukan pelanggan.

Promotion

Elemen ini merujuk pada kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk dan aktivitas sebuah bisnis kepada target konsumen sehingga meningkatkan  penjualan. Selain itu, kegiatan ini juga bisa dimaksudkan untuk membangun reputasi sebuah brand di masyarakat umum.

Memiliki sistem marketing yang baik tidak kalah penting dari membuat produk yang berkualitas. Pengembangan bisnis yang masif juga bisa dihasilkan dari proses marketing yang optimal. Selain itu, perkembangan teknologi juga membuat proses memasaran menjadi digital.

Tingkatkan minat pelanggan terhadap produk dengan menawarkan sistem transaksi online yang mudah dan aman. Instapay menyediakan online invoicing yang tidak hanya memudahkan transaksi dengan pelanggan, tapi juga membantu efisiensi waktu untuk bisnismu. Download Instapay di sini ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment