Virtual account BNI menjadi salah satu metode pembayaran yang diminati pelanggan di Indonesia. Namun, masih banyak pemilik bisnis yang belum memahami bagaimana cara membuat atau menyediakan metode pembayaran yang satu ini pada bisnis mereka.

Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka kamu berada di tempat yang tepat karena Instapay telah merangkum berbagai informasi seputar virtual account Bank Negara Indonesia termasuk cara membuatnya untuk bisnis. Yuk, simak sampai akhir, Temen Insta!

Seputar Virtual Account BNI

Mari kita buka pembahasan ini dengan memahami apa itu virtual account. Jadi, virtual account adalah sebuah akun rekening virtual/tidak nyata yang digunakan untuk menerima pembayaran. Akun ini berisi nomor identifikasi pelanggan yang dibuat oleh bank terkait atas permintaan perusahaan guna melangsungkan transaksi dengan pelanggan atau merchant mereka.

Untuk menyelesaikan pembayaran, pelanggan akan mendapatkan nomor VA unik yang diatur sesuai kebutuhan transaksi. Tersedia nomor VA dinamis yang berbeda-beda tiap transaksi dan nomor VA statis yang tetap tergantung akun pelanggan.

Adanya virtual account juga bisa memudahkan pelanggan karena tidak perlu lagi memasukkan nomor rekening perusahaan yang dituju beserta nominal pembayaran secara manual per transaksi. Sistem pembayaran VA juga memungkinkan pembayaran terkonfirmasi otomatis tanpa mengirim bukti transfer.

Setelah membahas tentang informasi umum seputar metode VA itu sendiri, dapat kita pahami kalau virtual account BNI adalah nomor virtual account khusus yang dikeluarkan oleh BNI untuk nasabahnya dalam menyelesaikan transaksi. Seperti BNI, berbagai bank lain juga bisa mengeluarkan nomor VA, misalnya virtual account BCA, virtual account Mandiri, dan virtual account BRI.

Cara Pembayaran dengan Virtual Account BNI

cara-pembayaran-dengan-virtual-account-bni

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa memahami cara melakukan pembayaran dengan virtual account BNI untuk memberikan panduan dasar kepada pelanggan. Tersedia beberapa cara yang bisa dipilih pelanggan untuk melakukan pembayaran. Berikut di antaranya:

1. ATM BNI

Pembayaran menggunakan ATM cocok untuk pelanggan yang tidak mempunyai akses akun mobile atau internet banking. Pelanggan cukup datang ke outlet ATM terdekat. Berikut cara yang bisa dilakukan:

  • Masukkan kartu debit dan PIN ke mesin ATM
  • Pilih menu “Lainnya”
  • Klik “Transfer”
  • Pilih jenis rekening yang digunakan
  • Klik “Virtual Account Billing” dan masukkan nomor virtual account BNI. Pastikan jumlah yang harus di bayar pada layar sudah sesuai.
  • Jika sudah sesuai, lanjutkan pembayaran dan simpan struk bukti pembayaran yang keluar dari ATM.

2. Mobile Banking BNI

Selain datang ke ATM terdekat, pelanggan yang mempunyai akun mobile banking BNI juga bisa membayar melalui aplikasi tersebut. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk pembayaran:

  • Login aplikasi mobile banking BNI
  • Pilih menu “Transfer”
  • Pilih “Virtual Account Billing”
  • Pilih rekening debet dan masukkan nomor virtual account
  • Klik “Selanjutnya”
  • Konfirmasi transaksi yang tertera di layar dan masukkan password transaksi.

3. Internet Banking BNI

Selain aplikasi mobile, pelanggan juga bisa melakukan pembayaran dengan internet banking yang bisa diakses dengan tampilan desktop. Berikut cara transfer virtual account:

  • Buka browser lalu akses ibank.bni.co.id
  • Masukkan user ID dan password
  • Pilih menu “Transfer” lalu klik “Virtual Account Billing”
  • Masukkan nomor virtual account lalu klik rekening yang digunakan untuk membayar
  • Nominal pembayaran akan muncul pada layar. Jika sudah tepat, lanjutkan transaksi.
  • Masukkan kode token
  • Dapatkan notifikasi jika transaksi sukses

Baca juga: Pahami Sistem Pembayaran Nontunai dan Contoh Alat Pembayarannya

Cara Membuat VA BNI

Berdasarkan laman resmi BNI, diketahui kalau kamu bisa membuat jenis virtual account debit atau virtual account kredit untuk bisnismu. Persyaratan yang perlu dilengkapi adalah sebagai berikut:

  • Memiliki rekening BNI Giro sebagai rekening sumber dana untuk VA debit dan sebagai rekening pooling atau rekening utama untuk VA kredit.
  • Menandatangani formulir penggunaan BNI Virtual Account debit atau kredit sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Untuk persyaratan dan alur pembuatan yang lebih lengkap, kamu bisa mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Petugas terkait akan membantu menjelaskan alur yang kamu butuhkan dengan detail.

Transaksi Virtual Account dengan Instapay

Selain datang langsung ke kantor cabang untuk membuat VA, kamu bisa menggunakan teknologi pembayaran yang mudah dengan Instapay. Pemilik bisnis cukup download aplikasi mobile Instapay Indonesia di App Store atau Play Store kemudian buat invoice sesuai kebutuhan.

Bagikan invoice dalam bentuk link ke pelanggan. Kemudian pelanggan dapat mengakses invoice link tersebut dari browser dan melakukan pembayaran menggunakan virtual account BNI. Instapay bebas biaya langganan, hanya service fee yang dibayarkan pada transaksi yang sudah berhasil.

Itulah ulasan lengkap tentang virtual account BNI beserta cara bayar dan cara membuatnya. Semoga artikel ini bisa menambah referensi untuk mempermudah transaksi bisnismu ya, Temen Insta.

Show CommentsClose Comments

Leave a comment