Saat ini, kegiatan ekonomi memang tidak bisa terlepas dari teknologi. Meningkatnya efektivitas dan keakuratan data menjadi salah satu landasan penting dilakukannya transformasi digital di Indonesia. Lalu, apa sih transformasi digital itu, Temen Insta?

Transformasi digital dapat dipahami sebagai sebuah perpindahan sistem analog menjadi digital menggunakan teknologi. Adanya transformasi ini memungkinkan terjadinya penerapan sistem digital pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Terciptanya ekosistem yang berbasis data juga bisa tercipta sehingga setiap aktivitas ekonomi bisa lebih akurat dengan adanya evaluasi dan implementasi strategi yang tepat berdasarkan data. 

Bisnis Digital di Tengah Pandemi

2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi setiap pemilik bisnis. Untuk mengingat kembali, mari kita ulas contoh nyata kondisi di awal adanya pandemi. Pembatasan sosial untuk mengendalikan penyebaran virus membuat banyak gerai usaha ditutup dan menghambat kegiatan ekonomi. Untuk tetap bertahan di situasi seperti ini, beralih ke sistem digital menjadi jalan keluar yang tepat bagi banyak pengusaha.

Misalnya, restoran beroperasi menggunakan sistem pesan antar atau menyediakan frozen food, toko baju di pasar berjualan dengan media sosial, kursus bahasa dilakukan secara online, bahkan saat ini ketika pandemi lebih terkendali pemesanan hotel untuk liburan dilakukan secara online untuk menghindari kontak langsung. Tanpa adanya sistem digital, mungkin ekonomi akan sulit kembali seperti sedia kala. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dengan benar dapat mendatangkan dampak positif yang besar.

Transformasi Digital di Indonesia

Berdasarkan data Kominfo, UMKM dan usaha ultra mikro adalah penyumbang terbesar dalam ekonomi nasional yang mencapai 61,07{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4} dari GDP nasional. 64,2 juta UMKM yang ada didorong agar bisa go digital karena potensinya yang besar. Sekarang ekonomi digital dalam negeri diproyeksikan akan melebihi 124 miliar USD pada akhir 2024. Hal ini menunjukkan keseriusan Indonesia dalam mengadaptasi teknologi untuk meningkatkan usaha lokal.

Lagi-lagi, pandemi menjadi salah satu hal yang mempercepat transformasi ini. Digital Competitiveness Index 2021 mengungkapkan bahwa pemerataan literasi digital kini juga menjangkau daerah-daerah yang lebih kecil bukan hanya kota besar. Masyarakat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan ini. 

Adaptasi Transformasi Digital pada Bisnis

Sekilas istilah ini mungkin terdengar kompleks dan memerlukan teknologi yang sangat canggih. Namun, pebisnis tidak perlu cemas karena penerapan sistem digital dapat dimulai dari hal yang sederhana.

Langkah pertama yang bisa dipilih adalah memasarkan produk di internet untuk menjangkau lebih banyak pasar. Setelah mendapat pesanan tentunya diperlukan sistem transaksi yang mudah agar pelanggan puas dengan layanan yang diberikan. Instapay adalah aplikasi tagihan dan pembayaran online yang bisa membuat tagihan sesuai rincian pesanan, lalu pelanggan membayar dengan berbagai metode yang tersedia. Semua transaksi juga tersimpan rapi dalam laporan keuangan yang bisa diunduh.

Agar bisnis terus berkembang, adaptasi adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Download dan akses gratis semua fitur Instapay dengan klik di sini ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment