Virtual account CIMB Niaga menjadi salah satu metode pembayaran andalan pelanggan, khususnya bagi nasabah bank CIMB Niaga. Pemilik bisnis bisa menyediakan metode pembayaran jenis ini untuk menerima pembayaran pelanggan dengan lebih mudah dan praktis.

Namun, tidak semua pelaku bisnis mengetahui informasi terkait dengan pengertian, manfaat, hingga cara membuat virtual account CIMB Niaga. Apakah kamu salah satunya? Tenang, Instapay telah merangkumnya menjadi artikel ringkas berikut ini. Yuk, simak sampai akhir, Temen Insta!

Apa Itu Virtual Account CIMB Niaga?

Sebelum mengupas virtual account lebih lanjut, mari kita pahami terlebih dahulu pengertiannya. Seperti namanya, virtual account (VA) adalah sebuah akun rekening virtual/tidak nyata yang digunakan untuk menerima pembayaran. Akun ini berisi nomor identifikasi pelanggan yang dibuat oleh bank terkait atas permintaan perusahaan guna melangsungkan transaksi dengan pelanggan atau merchant mereka.

Pada umumnya, nomor virtual account dikeluarkan oleh bank yang mendapatkan izin terkait pembayaran tersebut. Misalnya, virtual account BCA, virtual account Mandiri, virtual account BNI, dan virtual account BRI. Sehingga dapat kita pahami bahwa virtual account CIMB Niaga adalah nomor virtual account yang dikeluarkan oleh bank CIMB Niaga.

Pembayaran online jenis ini semakin populer di kalangan pelanggan seiring dengan adanya pergeseran perilaku belanja masyarakat, dari offline ke online. Karena proses belanja berlangsung secara online, maka layanan pembayaran online juga diperlukan untuk memudahkan transaksi.

Manfaat Virtual Account untuk Bisnis

manfaat-virtual-account

Pembayaran virtual account secara umum mempunyai berbagai manfaat untuk bisnis, termasuk dalam skala UMKM. Berikut berbagai manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan virtual account untuk transaksi bisnis:

1. Meningkatkan Efektivitas Transaksi

Adanya pembayaran virtual account mampu meningkatkan efektivitas transaksi karena tidak perlu melakukan transfer manual. Pemilik bisnis juga bisa mempunyai perlindungan privasi yang lebih baik karena tidak perlu membagikan nomor rekening pribadi untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

2. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Adanya pembayaran digital merupakan pendukung vital untuk kelancaran bisnis online. Sistem online memungkinkan terjadinya transaksi tanpa bertatap muka secara langsung. Sehingga, pemilik bisnis bisa menjangkau pelanggan tanpa ada batasan jarak dan waktu.

Baca juga: Seputar Pembayaran Digital UMKM, Apa Saja Keuntungannya?

3. Mendapatkan Dokumentasi yang Lebih Akurat

Pembayaran virtual account memberikan dokumentasi otomatis yang memudahkan proses pencatatan transaksi. Hal ini mampu meminimalisir kesalahan data dan membuat laporan transaksi menjadi lebih terstruktur.

Keuntungan VA CIMB Niaga

Berdasarkan laman CIMB Niaga, kamu juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan di bawah ini jika menggunakan virtual account CIMB Niaga:

  • Penerapannya mudah dan tidak perlu membuka rekening baru
  • Rekonsiliasi berlangsung dengan cepat menggunakan pengkreditan dana langsung secara real-time di rekening tujuan
  • Meminimalisir jumlah transaksi yang tidak teridentifikasi (open item)
  • Meningkatkan efisiensi waktu dan biaya
  • Mendapatkan informasi transaksi secara real-time dari layanan internet banking untuk nasabah perusahaan (BizChannel@CIMB).

Cara Membuat Virtual Account CIMB Niaga

Secara umum, kamu perlu mengisi formulir dan persyaratan yang diperlukan untuk bisa membuat virtual account untuk menerima pembayaran. Format formulir umum dapat dicek dengan klik di sini.

CIMB Niaga menyediakan laman khusus yang bisa menghubungkan kamu dengan tim terkait jika ingin berkonsultasi atau menanyakan berbagai informasi pendukung. Klik tombol “Hubungi Saya” lalu isi data sesuai kolom yang tersedia pada halaman ini.

Transaksi Virtual Account dengan Instapay

Selain melakukan pendaftaran manual ke bank CIMB Niaga, kamu bisa menerima pembayaran dengan VA secara lebih praktis dan lengkap dengan Instapay. Cukup dengan download aplikasi Instapay Indonesia di Play Store atau App Store lalu lakukan registrasi dan verifikasi akun.

Buat invoice link dan bagikan ke pelanggan untuk terima pembayaran. Pelanggan bisa membayar dengan metode virtual account dengan mudah melalui invoice link tanpa perlu install aplikasi Instapay. Pelajari Instapay Selengkapnya.

Itulah ulasan ringkas mengenai virtual account CIMB Niaga yang diharapkan mampu membantu transaksi pembayaran bisnis kamu. Terima kasih sudah membaca, Temen Insta.