Aplikasi invoice gratis kini semakin banyak dikembangkan untuk membantu kemudahan transaksi digital. Bagi entrepreneur, menggunakan aplikasi yang tepat bisa membantu untuk meningkatkan efektivitas pembuatan invoice hingga menghemat waktu dan tenaga.

Terlebih jika transaksi yang dilakukan sudah cukup masif, membuat invoice secara manual atau menggunakan kertas tentunya bukan langkah yang potensial untuk dilakukan. Tertarik untuk mengelola invoice kamu dengan lebih mudah? Temukan berbagai rekomendasi aplikasi invoice gratis dalam artikel berikut. Baca sampai akhir ya, Temen Insta!

Apa Itu Aplikasi Invoice Gratis?

Bagi kamu yang masih awam dengan teknologi, memahami aplikasi invoice gratis mungkin terdengar rumit. Karenanya, mari kita pahami pengertiannya terlebih dahulu. Jadi, aplikasi invoice gratis adalah software atau perangkat lunak yang digunakan untuk membantu membuat dan mengelola invoice secara gratis.

Fitur yang disediakan oleh masing-masing aplikasi invoice juga berbeda-beda. Beberapa fitur yang secara umum tersedia adalah pilihan template invoice, opsi metode pembayaran, hingga dashboard untuk mengelola berbagai invoice yang telah dibuat. Berbagai inovasi teknologi tersebut dapat digunakan untuk mempermudah pengguna dalam transaksi bisnis.

Baca juga: 30+ Istilah Bisnis yang Wajib Dipahami Pemilik Bisnis, Simak!

Aplikasi Invoice Gratis

aplikasi-invoice

Berikut ini berbagai rekomendasi aplikasi invoice gratis yang dapat kamu gunakan untuk menunjang transaksi bisnis yang mudah dan lancar:

1. Instapay

Instapay adalah aplikasi invoice gratis yang dapat kamu gunakan melalui aplikasi mobile ataupun website portal. Pemilik bisnis bisa membuat invoice dalam 2 opsi, yaitu payment link atau dokumen invoice. Buat payment link yang berisi nominal dan detail invoice kemudian bagikan ke pelanggan dalam bentuk link.

Sedangkan dokumen invoice dapat dibuat menggunakan template yang tersedia dalam website portal Instapay. Bagikan dokumen invoice ke pelanggan melalui email. Baik payment link ataupun dokumen invoice dapat dibayar pelanggan melalui browser tanpa perlu mempunyai akun Instapay.

Tersedia juga opsi bulk upload invoice yang dapat digunakan pemilik bisnis untuk membuat invoice secara massal dengan mengunggah file Excel sesuai format yang tersedia. Pemilik bisnis cukup melakukan registrasi dan verifikasi akun, kemudian dapat membuat invoice secara gratis tanpa ada biaya langganan. MDR atau fee hanya dikenakan pada invoice yang sudah terbayar sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih pelanggan. Pelajari Instapay Selengkapnya >>>

2. Zoho

Zoho adalah software online invoicing yang dirancang untuk penggunaan small business atau bisnis dengan skala yang lebih kecil. Tersedia template invoice yang dapat dipilih, kemudian invoice tersebut dapat dikirim ke pelanggan melalui SMS, email, dan portal pelanggan.

Tersedia juga opsi pembayaran yang dapat dipilih seperti kartu debit atau kartu kredit. Pengguna dapat mendaftar ke Zoho dengan memasukkan data nama lengkap, alamat email, password, dan nama perusahaan pada website Zoho.

3. Invoicely

Invoicely adalah platform invoicing yang berfokus pada pertumbuhan bisnis. Benefit yang ditawarkan adalah adanya laporan dan ringkasan transaksi, pilihan metode pembayaran online, hingga opsi untuk melacak transaksi. Aplikasi ini juga tersedia di App Store dan Play Store.

Baca juga: Cara Membuat Virtual Account Bank Permata untuk Bisnis Kamu

4. Square

Aplikasi invoice gratis selanjutnya adalah Square. Aplikasi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi waktu dan membantu penggunanya menerima pembayaran dengan lebih cepat.

Mirip dengan aplikasi invoice sebelumnya, Square dapat digunakan untuk membuat invoice dan mengirimkannya ke pelanggan. Aplikasi ini juga dibuat untuk berbagai jenis segmentasi bisnis, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Invoice Ninja

Invoice Ninja adalah software invoice yang cocok digunakan untuk bisnis kecil atau UMKM. Tersedia opsi untuk invoicing dan pembayaran, time-tracking dan proyek, serta menghubungkan transaksi dan perbankan.

Selain itu, tersedia fitur untuk mengelola inventaris, kategorisasi vendor, hingga biaya re-invoice. Pengguna dapat mengelola transaksi bisnis dan invoicing dengan lebih terstruktur menggunakan aplikasi ini.

6. Quickbooks

Aplikasi invoice gratis yang ini juga bisa menjadi opsi aplikasi invoice yang sesuai untuk bisnis dengan skala yang lebih kecil. Tersedia opsi free trial selama 30 hari bagi kamu yang ingin menggunakan fitur yang lebih lengkap dari software yang satu ini.

Karena ditujukan untuk bisnis skala kecil, kemudahan menjadi kelebihan utama yang ditawarkan. Pemilik bisnis cukup membuat invoice, mengirimkannya ke pelanggan, dan menerima pembayaran dengan lebih mudah.

Baca juga: CEO Adalah: Pengertian, Tugas, dan Karakter Pentingnya

7. Invoice Simple

Aplikasi invoice gratis yang cocok digunakan untuk bisnis kontraktor, freelancer,hingga bidang kreatif adalah Invoice simple. Aplikasi ini ditujukan untuk menghemat waktu dalam proses invoicing bagi pemilik bisnis. Selain itu, pembayaran yang terhubung juga membantu bisnis terlihat lebih profesional.

Itulah ulasan dari berbagai aplikasi invoice gratis yang dapat kamu pilih untuk membantu kelancaran transaksi bisnismu. Pastikan untuk menggunakan aplikasi invoice yang aman dan terpercaya, selain tentunya mudah untuk digunakan. Terima kasih sudah membaca, ya. Semoga artikel ini bermanfaat, Temen Insta!