Virtual account Bank Permata adalah salah satu metode pembayaran yang diminati pelanggan di Indonesia. Sebagai pebisnis yang adaptif, menyediakan metode pembayaran ini bisa menjadi solusi untuk mengikuti permintaan metode pembayaran pelanggan masa kini.

Namun, masih banyak pemilik usaha yang belum familier dengan metode pembayaran yang satu ini. Terlebih lagi tentang bagaimana cara membuat atau menyediakan pembayaran ini untuk pelanggan.

Tenang, kamu berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan menjelaskan dengan ringkas tentang virtual account Bank Permata beserta cara membuatnya untuk bisnis kamu. Penasaran? Baca sampai akhir yuk, Temen Insta!

Mengenal Virtual Account

Mari awali pembahasan ini dengan memahami tentang pengertian virtual account itu sendiri. Seperti namanya, virtual account (VA) adalah sebuah akun rekening virtual/tidak nyata yang digunakan untuk menerima pembayaran. Akun ini berisi nomor identifikasi pelanggan yang dibuat oleh bank terkait atas permintaan perusahaan guna melangsungkan transaksi dengan pelanggan atau merchant mereka.

Secara umum, metode pembayaran ini masih tergolong baru, tapi sudah banyak diminati oleh pelanggan lokal. Sejak pertama kali diperkenalkan pada sekitar tahun 2006, virtual account semakin berkembang dan menjadi salah satu pembayaran populer di Indonesia. VA dikeluarkan oleh bank, seperti virtual account BCA, virtual account Mandiri, virtual account BRI, dan tentunya virtual account Bank Permata yang akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Pada setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu VA Number unik yang diatur sesuai kebutuhan perusahaan. Sehingga saat melakukan pembayaran, tidak perlu lagi menuliskan nomor rekening perusahaan yang dituju dan nominal tagihannya. Cukup menyelesaikan pembayarannya saja. Sistem ini juga memungkinkan konfirmasi pembayaran berlangsung otomatis tanpa perlu mengirimkan bukti transfer.

Baca juga: Virtual Account CIMB Niaga: Pengertian dan Cara Membuatnya untuk Bisnis

Keuntungan Virtual Account Bank Permata

keuntungan virtual account

Inovasi teknologi dibuat untuk memberikan keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya. Begitu juga dengan inovasi teknologi pembayaran yang satu ini. Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan VA Bank Permata:

Pengkreditan dana rekening yang dilakukan secara real-time atau saat itu juga.
Otomatisasi proses rekonsiliasi dan identifikasi pada transaksi yang dilakukan.
Channel pembayaran yang dapat menerima pembayaran dari semua bank.
Tersedia beragam fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Cara Membuat Virtual Account Bank Permata

Dikutip dari laman resmi Bank Permata, terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi pengguna jika ingin membuat atau mengaktifkan VA bank ini. Di antaranya adalah:

Mempunyai rekening di Bank Permata
Mengisi dan menandatangani formulir Perjanjian Kerja Sama atau PKS virtual account dan formulir aplikasi virtual account.

Setelah mempersiapkan persyaratan pembuatan virtual account, kamu bisa mengajukan VA dengan menghubungi Call Center PermataTel di 1500-111 atau dengan email sesuai yang disebutkan di halaman ini.

Kamu juga bisa mengetahui tentang metode pembayaran ini secara lebih detail dengan mengunjungi kantor cabang Bank Permata terdekat yang berada di sekitarmu. Staf bank akan membantu sesuai kebutuhan.

Baca juga: Mengenal Virtual Account BNI dan Cara Membuatnya untuk Bisnis

VA Bank Permata dengan Instapay

Tahukah kamu kalau pemilik bisnis bisa membuat virtual account Bank Permata tanpa membuat rekening di bank tersebut terlebih dahulu? Solusinya adalah menggunakan layanan pembayaran Instapay. Kamu cukup mendownload aplikasi Instapay Indonesia di App Store atau Play Store, kemudian melakukan registrasi dan verifikasi akun. Selain aplikasi mobile, kamu juga bisa membuat akun Instapay di portal website Instapay ini.

Setelah registrasi dan verifikasi akun, kamu cukup membuat invoice dan membagikan invoice tersebut ke pelanggan dalam bentuk link. Pelanggan bisa langsung membayar via link dengan VA Bank Permata tanpa perlu install aplikasi Instapay. Mudah, bukan? Pelajari Instapay Selengkapnya >>>

Demikian ulasan tentang virtual account Bank Permata lengkap dengan pengertian, keuntungan hingga cara membuatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu, ya. Sukses selalu, Temen Insta!