Pemilik usaha pakaian sudah seharusnya beradaptasi dengan pergeseran perilaku pelanggan. Salah satu cara adaptasinya adalah dengan mulai jualan pakaian online agar mampu bersaing dan memperluas pasar. Strategi yang tepat saat jualan online juga berpotensi untuk menaikkan pendapatan, lho. Pahami cara efektif berikut agar jualan pakaian online jadi makin sukses yuk, Temen Insta!

Cara Jualan Pakaian Online dengan Efektif

Meskipun pemula dalam platform online, ada langkah-langkah praktis yang bisa kamu lakukan supaya jualan pakaian makin laris. Berikut di antaranya:

1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat potensial untuk memasarkan produk karena pembuatan akun yang mudah dan bisa menjangkau target pelanggan dengan efektif, baik secara organik maupun iklan berbayar. Adanya presensi digital berupa media sosial juga bisa menambah rasa percaya pelanggan dengan membaca informasi dan testimoni yang disajikan dalam akun tersebut.

2. Buat Konten yang Atraktif

Content marketing yang tepat bisa menjadi kunci untuk mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Pastikan konten-konten yang dibuat mampu menyampaikan informasi produk dengan menyeluruh. Selain itu, pemilik usaha juga bisa membagikan konten edukatif yang bisa memberikan manfaat untuk audiens.

3. Tulis Deskripsi dengan Jelas

Deskripsi produk menjadi sangat penting saat jualan pakaian online karena pelanggan tidak bisa mencoba produk secara langsung. Informasi umum yang dimuat biasanya berupa nama produk, size chart, nama bahan, variasi warna, berat produk, dll. Deskripsi produk yang jelas juga mengurangi jumlah pertanyaan repetitif ke admin karena sudah dijelaskan secara rinci dalam deskripsi.

4. Foto Produk yang Menarik

Foto produk yang menarik menjadi salah satu hal yang mendorong pelanggan membeli produk. Usahakan untuk mempunyai foto produk yang jelas sehingga menunjukkan profesionalitas bisnis dan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Pemilik usaha pemula juga tetap bisa mempunyai foto produk yang layak meskipun dengan peralatan sederhana selama pengambilan gambar dan pengeditan dilakukan dengan tepat.

Baca juga: Tips Foto Produk Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

5. Rutin Berikan Promo Diskon

Hingga saat ini, diskon masih ampuh untuk manarik pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan momentum unik seperti tanggal cantik (harbolnas) dan perayaan hari besar agar menambah animo pelanggan. Promo diskon ini bisa dicantumkan langsung dalam katalog produk atau bisa juga dengan membagikan kode promo.

6. Perhatikan Pengemasan Produk

Karena jualan berlangsung online, penting untuk memastikan produk tetap aman dalam pengiriman sehingga bisa sampai di tangan pelanggan dengan kondisi baik. Gunakan kardus atau bubble wrap jika dibutuhkan untuk menghindarkan produk dari kerusakan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kartu ucapan terima kasih dalam kemasan, lho. Gestur sederhana seperti ini bisa jadi sangat diapresiasi oleh pelanggan.

7. Siap Sedia Menjawab Chat

Tahukah kamu kalau admin yang ramah dan responsif menjadi salah satu poin penting dalam layanan pelanggan? Pemilik usaha bisa membangun citra positif dengan meluangkan waktu untuk membalas pertanyaan dengan bahasa yang jelas dan sopan.

Itulah beberapa tips efektif yang layak buat dicoba saat jualan pakaian online. Nah untuk mempermudah proses jualan onlinemu, Instapay punya e-catalog gratis yang bisa dibuat dari aplikasi. E-catalog bisa dibagikan ke pelanggan dalam bentuk link yang dilengkapi dengan deskripsi dan foto produk, pilihan pengiriman, hingga berbagai opsi pembayaran. Sudah saatnya go digital biar penjualan maksimal, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment