Untuk menjalankan bisnis dengan baik, pemilik bisnis harus memahami biaya operasional atau operating cost yang dikeluarkan. Perhitungan biaya yang tepat, tentunya mampu menunjang efektivitas operasional bisnis dan memperbesar keuntungan atau laba yang didapatkan.

Namun, tidak perlu menunggu bisnis menjadi besar untuk mulai menghitung dan aktif mencatat biaya jenis ini. Bisnis rintisan sekalipun, perlu melacak pengeluaran operasional yang dikeluarkan sebagai bagian dari pengeluaran keseluruhan dari bisnis yang dijalankan.

Jika kamu masih bingung mengenai biaya yang satu ini, maka kamu berada di halaman yang tepat. Instapay telah merangkum beragam informasi penting mengenai pengertian, komponen, hingga cara hitung operating cost. Baca selengkapnya yuk, Temen Insta!

Pengertian Biaya Operasional

Biaya operasional atau operating cost adalah biaya yang perlu dikeluarkan sebuah bisnis untuk menjalankan aktivitas bisnis sehari-hari. Karena operating cost mencakup aktivitas sehari-hari atau kegiatan operasional, biaya ini mencakup berbagai hal vital dalam bisnis.

Contoh operating cost adalah gaji karyawan, transportasi dan perjalanan, perbaikan alat, hingga keperluan sewa gedung. Biaya ini tidak termasuk biaya non operasional seperti biaya-biaya yang berkaitan dengan keperluan finansial. Misalnya bunga, investasi, dan terjemahan mata uang asing.

Baca juga: Pengertian Manajemen Keuangan dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

Baik biaya operasional maupun non operasional perlu dicatat dengan baik dan terstruktur. Pada umumnya, pemilik bisnis akan mencatat kedua biaya tersebut dalam kategori yang berbeda kemudian analis akan menentukan perhitungan dan bagaimana relasinya dibandingkan dengan pendapatan yang diperoleh perusahaan.

Komponen Biaya Operasional

Agar mampu mencatat operating cost dengan detail, mari memahami komponen apa saja yang ada dalam biaya jenis ini. Berikut ini penjelasan dari masing-masing komponen tersebut:

1. Biaya Langsung

Biaya yang dikeluarkan dan manfaatnya bisa dirasakan secara langsung oleh penerimanya bisa dikenal dengan biaya langsung. Contoh dari biaya langsung adalah gaji dan tunjangan karyawan.

2. Biaya Tidak Langsung

Selain biaya langsung, ada juga jenis biaya yang dikenal dengan biaya tidak langsung. Kebalikan dari biaya langsung, biaya tidak langsung adalah biaya yang saat dikeluarkan tidak memberikan manfaat yang bisa langsung dirasakan. Misalnya pajak.

3. Biaya Produksi

Seperti namanya, biaya produksi adalah kumpulan biaya yang diperlukan sebuah bisnis untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi dan siap dipasarkan. Pada umumnya biaya produksi dikelompokkan menjadi biaya material langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik.

Baca juga: Mengenal Biaya Produksi dan Cara Mudah Menghitungnya

4. Biaya Non Produksi

Biaya non produksi adalah biaya yang dikeluarkan oleh sebuah bisnis diluar biaya dalam proses produksi. Contoh dari biaya jenis ini adalah biaya pemasaran atau marketing dan biaya administrasi.

Cara Menghitung Biaya Operasional

cara menghitung biaya operasional

Untuk pemula, kamu bisa menggunakan cara sederhana berikut untuk menghitung operating cost. Berikut ini formula atau rumus yang umum digunakan untuk menghitungnya:

Biaya operasional = harga pokok penjualan + pengeluaran operasional tambahan

Dikutip dari Investopedia, berikut ini adalah beberapa alternatif langkah yang bisa dilakukan:

1. Dari laporan laba rugi perusahaan, ambil harga pokok penjualan atau dikenal juga dengan cost of goods sold.
2. Temukan total biaya operasional, yang seharusnya berada di bagian bawah laporan laba rugi.
3. Tambahkan total biaya operasional dan HPP untuk mendapatkan total biaya operasional untuk periode tersebut.

Sebagai pemilik bisnis, kamu bisa melakukan langkah praktis untuk mengurangi biaya operasional secara efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi tepat guna dalam kegiatan bisnis. Instapay adalah aplikasi yang didesain khusus untuk mendukung berbagai kegiatan transaksi bisnis.

Seperti pembuatan invoice, pencatatan transaksi, hingga katalog produk untuk dibagikan ke pelanggan. Pengguna dapat mengakses seluruh fitur Instapay secara GRATIS, tanpa biaya langganan. Klik di sini untuk membaca lebih lanjut tentang Instapay.

Itulah ulasan ringkas tentang biaya operasional sebagai tambahan wawasan bisnismu. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment