Sejak kasus pertama diumumkan pada Maret 2020, pandemi covid-19 belum menampakkan tanda akan hilang total hingga saat ini. Oleh karena itu, pemilik usaha dituntut untuk memutar otak agar bisnisnya tetap berkembang di tengah pandemi. Simak cara jitu berikut yang bisa membantu mewujudkan impian menjadi pengusaha sukses walaupun dalam krisis kesehatan seperti sekarang!

Langkah-Langkah Menjadi Pengusaha Sukses

Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu kamu sukses dalam menjalankan usaha:

1. Pahami Bisnismu Secara Menyeluruh

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah riset bisnis komprehensif untuk bisa memahami bisnis yang dijalankan. Jangan ragu untuk membuat analisis tentang kondisi industri yang ditekuni, kebutuhan pelanggan, kompetitor, hingga biaya produksi yang dibutuhkan. Proses ini mungkin akan memerlukan waktu, tapi pengusaha sukses selalu mendedikasikan waktu dan upaya terbaiknya untuk bisnis yang dibangun.

2. Susunlah Strategi Marketing yang Sesuai

Marketing adalah bagian tidak terpisahkan dari sebuah bisnis. Setelah melakukan riset yang menyeluruh, ada baiknya untuk menyusun strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan. Baik dari platform, budget, hingga cara komunikasinya.

Apabila bisnis masih dalam skala kecil, kamu tetap bisa membuat rancangan strategi sederhana. Sehingga dengan adanya strategi yang rapi, bisa dengan mudah mengembangkannya untuk skala yang lebih besar.

3. Atur Keuangan dengan Baik

Manajemen keuangan adalah salah satu kunci bisnis dapat terus berjalan dengan baik. Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah membuat laporan cash flow agar setiap dana masuk dan keluar bisa dicatat dengan akurat.

Versi terbaru aplikasi Instapay menyediakan dokumentasi otomatis dalam bentuk laporan penjualan yang bisa di-download langsung, sehingga penjual tidak perlu lagi mencatat secara manual. Mudah bukan?

4. Selalu Mau Belajar dan Mengikuti Perkembangan Tren

Zaman berubah dari waktu ke waktu, begitu juga dengan tren yang ada. Pastikan untuk selalu mengikuti perkembangan yang terjadi terutama jika itu berkaitan dengan segmentasi bisnis yang dijalankan. Kondisi ini membuat seorang pengusaha sukses selalu belajar dan tidak henti menambah pengetahuan bisnisnya.

5. Perluas Relasi Bisnis

Bisnis sangat erat kaitannya dengan manusia. Oleh karena itu, membangun relasi yang tepat bisa menjadi salah satu faktor penting berkembangnya sebuah usaha. Jalinlah komunikasi yang baik dengan orang-orang di sekitar, baik sebagai rekan kolaborasi, mentor, atau calon pelanggan yang potensial.

6. Kuasai Manajemen Waktu

Dikutip dari Development Academy UK, diketahui bahwa 82{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4} orang tidak mempunyai sistem manajemen waktu yang spesifik. Padahal, mengatur penggunaan waktu dengan bijak bisa meningkatkan efisiensi kerja secara signifikan. Jadilah berbeda dengan manajemen waktu yang cermat sehingga perkembangan bisnis bisa terjadi lebih cepat dan akurat.

7. Buat Keputusan Bisnis Berdasarkan Data

Hindari membuat keputusan emosional tanpa landasan yang kuat. Sebagai pemilik bisnis, penting untuk mampu melihat dari berbagai sisi secara objektif berdasarkan data yang ada. Diskusi internal juga dapat menambah sudut pandang sebelum keputusan tersebut diambil.

8. Gunakan Teknologi dalam Sistem Bisnis

Pada era digital seperti sekarang, teknologi sudah menjadi bagian tidak terpisahkan termasuk dalam dunia bisnis. Teknologi digital bisa membantu proses bisnis lebih sistematis dan tercatat dengan baik.

Instapay adalah solusi untuk memberikan teknologi pembayaran yang mudah dan aman bagi bisnismu. Rangkaian fitur yang tersedia bisa membantu jualan menjadi lebih ringkas dan menghemat waktu. Yuk download Instapay di sini.

9. Cepat Tangkap Peluang

Dengan perubahan tren yang begitu cepat, peluang yang ada juga bermunculan dari hari ke hari. Berikan respon yang cepat dan akurat berdasarkan data pada setiap kesempatan bisnis tersebut. Hindari terlalu lama menunda waktu karena akan kehilangan momentum emasnya. Kemampuan analisis pengusaha sukses diuji dalam hal ini.

10. Rutin Melakukan Evaluasi

Evaluasi sangat krusial karena dapat menilai seberapa baik kinerja dan strategi yang sudah dijalankan. Dari sini pengusaha juga bisa belajar untuk memperbaiki kelemahan bisnis demi meningkatkan performa.

Sekian ulasan mengenai cara menjadi pengusaha sukses yang bisa dicoba. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment