Persiapan Harbolnas adalah salah satu kunci keberhasilan promosi penjualan pada momen yang spesial ini. Harbolnas adalah saat yang tepat untuk meningkatkan omzet karena banyak pelanggan cenderung menunggu momen ini untuk mendapatkan harga terjangkau dan belanja lebih banyak barang.

Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas pada awalnya merupakan acara tahunan setiap 12 Desember yang menjadi momentum bagi penjual untuk memberikan berbagai promosi sehingga menarik pelanggan untuk membeli. Namun, sekarang Harbolnas berkembang dan bisa dilakukan setiap bulan pada tangga cantik yang kembar. Misalnya Harbolnas 11.11, 10.10, dst.

Harbolnas sudah cukup melekat di benak masyarakat dibuktikan dengan melonjaknya transaksi pada momentum ini menjadi Rp18,1 T di 2021. Tertarik buat menyusun persiapan Harbolnas yang tepat untuk usahamu? Baca ulasan berikut yuk, Temen Insta!

Persiapan Harbolnas untuk Pemilik Usaha

persiapan harbolnas pemilik usaha

Pemilik UMKM bisa mulai persiapan Harbolnas dari jauh hari untuk memaksimalkan penjualan dan memastikan proses jual beli berlangsung lancar. Berikut ini beberapa persiapan yang penting dilakukan:

1. Analisis Target Pasar

Saat memulai usaha, idealnya kamu sudah memahami karakter target pasar dari bisnismu. Nah jika sudah memahaminya, kamu bisa menganalisis bagaimana perilaku belanja dari target pasar tersebut.

Selanjutnya pemilik usaha perlu menentukan jenis produk yang ingin diberikan harga spesial dan promosi apa saja yang akan dilakukan. Kamu juga bisa menghubungkan tren yang ada dengan target pasar bisnismu untuk menentukan jenis promo yang sesuai.

2. Perhatikan Stok Produk

Harbolnas adalah momentum belanja yang ditunggu-tunggu calon pelanggan. Maka tidak heran jika mereka akan membeli produk dalam jumlah yang lebih besar. Untuk mengantisipasi pesanan yang membludak, pemilik usaha bisa menambah jumlah stok terutama untuk produk-produk dengan peminat paling banyak.

Menentukan berapa banyak stok produk yang disiapkan ini memang cukup rumit. Jika sudah pernah melakukan promo Harbolnas sebelumnya, kamu bisa memperkirakan dari jumlah produk yang terjual tahun lalu. Namun, jika belum pernah kamu bisa menyiapkan produk semampunya dan tidak perlu berlebihan.

3. Buat Perhitungan Keuangan

Manajemen keuangan sangat vital untuk dilakukan termasuk saat melakukan kampanye Harbolnas. Jangan sampai niat hati ingin meningkatkan penjualan dengan diskon, tapi malah mendatangkan kerugian karena budget yang diatur tidak sesuai. Karenanya, tentukan harga diskon sesuai perhitungan yang presisi, ya.

Selain harga diskon, perhatikan juga berapa besar budget yang ingin dikeluarkan untuk kegiatan marketing misalnya budget untuk iklan. Jika ada kegiatan operasional tambahan selama Harbolnas juga sebaiknya tidak luput dari perhitungan, misalnya uang lembur untuk karyawan.

4. Berikan Promo Menarik

Karena Harbolnas adalah momentum untuk belanja, maka pastikan bahwa kamu bisa memikat pelanggan menggunakan promo yang menarik. Bentuk paling umum dari promosi yang dilakukan adalah memberikan harga diskon atau potongan harga. Pastikan harga yang diberikan sesuai perhitungan keuangan, ya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan berbagai jenis promo yang lain. Misalnya dengan memberikan gratis ongkir. Jika kamu memiliki stok produk yang lebih, maka promo beli 1 gratis 1 adalah pilihan yang tepat. Kreativitas adalah kunci untuk bisa memberikan jenis promo yang menarik dalam momen spesial ini.

5. Buat Alur Pemesanan dan Pembayaran

Seperti namanya, proses belanja Harbolnas berlangsung secara online. Maka sudah menjadi keharusan untuk mempunyai alur belanja yang mudah dan efektif bagi pelanggan. Secara sederhana, alur belanja terdiri pemesanan dan pembayaran.

Sebagai solusi mudah, kamu bisa menggunakan sistem transaksi penjualan dari Instapay. Pemilik usaha dapat membuat catalog produk gratis di aplikasi, kemudian membagikannya ke pelanggan dalam bentuk link. Pelanggan tidak perlu punya aplikasi Instapay untuk bisa belanja karena proses pemesanan dilakukan sepenuhnya dalam browser, termasuk memilih opsi pengiriman produk.

Baca juga: Cara Pelanggan Belanja Menggunakan Instapay Catalog

Setelah berhasil memesan, proses selanjutnya adalah pembayaran. Kamu tidak perlu khawatir karena Instapay Catalog sudah terhubung dengan berbagai metode pembayaran, di antaranya: QRIS, e-money, kartu kredit/debit, dan virtual account.

Setiap dana masuk akan otomatis tercatat dalam aplikasi dan muncul notifikasi pembayaran pelanggan dalam ponselmu. Dengan sistem yang mudah seperti ini, baik pelanggan maupun penjual akan diuntungkan selama transaksi. Yuk Download aplikasi Instapay jika tertarik untuk memiliki sistem transaksi yang mudah.

6. Pastikan Pengiriman Mendukung

Belanja online berhubungan erat dengan armada pengiriman karena pelanggan tidak datang langsung ke toko. Pastikan kamu mempunyai akses yang mudah untuk melakukan pengiriman. Baik dari sisi ketersediaan layanan pengiriman dari armada yang kamu inginkan dan proses pengantaran paket ke gerai ekspedisi yang mudah.

7. Bagikan Promo Melalui Media Sosial

Persiapan Harbolnas yang selanjutnya adalah penyebaran informasi promo. Kamu bisa mulai membagikan informasi promo bahkan dari beberapa hari sebelum Harbolnas, lho. Hal ini ditujukan agar pelanggan bisa bersiap sebelum Harbolnas tiba.

Nah, salah satu media yang paling mudah dan potensial untuk dijadikan platform promosi adalah media sosial. Buatlah konten kreatif semenarik mungkin untuk bisa menarik pelanggan. Perhatikan juga tren yang ada, jika memungkinkan kamu bisa membuat konten menarik berdasarkan tren tersebut.

Kalau kamu punya budget lebih, maka ads atau iklan di media sosial adalah pilihan yang tepat. Pemilik bisnis bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan iklan ini. Selain itu, kamu juga bisa mengatur sendiri siapa saja target audiens yang akan melihat iklan tersebut sehingga kampanye promosi bisa tepat sasaran.

8. Siapkan Tenaga Kerja

Proses operasional tentu akan lebih sibuk jika pesanan meningkat. Untuk menanggulangi lamanya proses operasional, pemilik usaha bisa menambah tenaga kerja lepas untuk membantu selama Harbolnas. Misalnya menambah tenaga untuk pengemasan paket produk yang akan dikirimkan.

9. Sediakan Alur Live Chat

Harbolnas membuat banyak toko berlomba-lomba memberikan promo. Jangan sampai pelanggan pindah ke toko lain hanya karena lambat dalam menanggapi pertanyaan pelanggan. Karenanya kamu perlu memberikan tenaga dan waktu khusus untuk menyediakan alur live chat yang efektif.

Dikutip dari Tempo, waktu favorit bagi pelanggan untuk bertransaksi selama Harbolnas 2021 adalah pukul 15.00 -18.00. Di kisaran waktu tersebut kemungkinan akan ada lebih banyak chat masuk dari pelanggan. Kamu bisa mulai berjaga-jaga dari sekarang.

10. Lakukan Kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu langkah memperluas pasar dan menarik lebih banyak pelanggan. Penting untuk memilih mitra kolaborasi yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Kolaborasi yang dilakukan bisa sangat beragam. Misalnya dengan membuat bundle produk dengan brand lain, membuat event bersama, dll. Sesuaikan juga kolaborasi ini dengan value dari brand kamu, ya.

Baca juga: 6 Karakter Mitra Usaha yang Tepat untuk Menjalin Kerja Sama Bisnis

Itulah sepuluh persiapan Harbolnas yang bisa kamu aplikasikan pada bisnismu. Semoga penjualanmu meningkat pesat di Harbolnas terdekat ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment