Memulai bisnis bisa dari mana saja, termasuk kendaraan pribadi. Ide jualan di bagasi mobil bisa jadi alternatif bisnis yang menjanjikan bagi pemula. Kamu bisa memulainya sebagai usaha sampingan atau sumber pendapatan tambahan.

Pastikan mobil yang akan digunakan mempunyai kondisi yang menunjang untuk dipakai berjualan. Penasaran apa saja ide bisnis di bagasi mobil? Simak selengkapnya dalam artikel ini, ya. Baca sampai akhir yuk, Temen Insta!

Ide Bisnis di Bagasi Mobil

Memulai bisnis memerlukan kreativitas, misalnya dengan menyulap mobil pribadi menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan. Kamu bisa mendatangi lokasi dan momen strategis seperti Car Free Day (CFD), alun-alun, festival, sekolah, perkantoran, hingga konser musik. Pastikan bahwa lokasi atau acara tersebut memberikan izin untuk kamu berjualan, ya.

Yuk, simak berbagai ide bisnis di bagasi mobil berikut ini yang bisa kamu jadikan tambahan referensi sebelum memulai bisnis:

1. Kimbab

Kimbab

Gelombang Korea memang sedang melanda berbagai penjuru dunia, termasuk kekayaan kulinernya. Salah satu kuliner yang populer dari korea adalah kimbab. Makanan yang diolah dari kim (rumput laut) dan bab (nasi) ini juga masih cocok ke dalam lidah masyarakat Indonesia.

Kamu bisa menjual kimbab dengan relatif ringkas karena pengemasannya yang relatif mudah. Sebagai pemula, buat stok dagangan secukupnya dan tidak perlu terlalu banyak untuk menguji permintaan pasar di daerahmu. Buat olahan kimbab dengan berbagai rasa dan penampilan yang menggiurkan untuk menarik pelanggan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kreatif yang Paling Menjanjikan di Tahun 2023

2. Bubur

Salah satu sarapan kegemaran masyarakat Indonesia adalah bubur. Kuliner ini cocok untuk dijadikan bahan bakar perut di pagi hari karena rasanya yang ringan tapi tetap nikmat. Olahan bubur juga sangat beragam. Kamu bisa menjual bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, atau bahkan bubur MPASI.

Kamu bisa membuat stok bubur dan lauk pauk pendampingnya di wadah yang terpisah. Kemudian mengemas bubur ke dalam wadah kecil per kemasan setiap ada yang membeli. Hal ini bisa memperpanjang umur bubur agar tidak cepat basi.

3. Nasi Kuning

nasi-kuning

Ide jualan di bagasi mobil yang selanjutnya adalah nasi kuning. Di beberapa daerah, makanan ini biasa dikonsumsi sebagai menu sarapan, tapi juga masih lezat untuk disantap saat makan siang maupun makan malam.

Penjual nasi kuning di mobil juga memang cukup mudah kita temukan, kamu bisa juga menjadi salah satunya dengan menyajikan makanan dengan cita rasa yang pas dan kondisi bahan yang fresh. Pilih lauk pendamping yang banyak diminati di daerah tempat kamu jualan, ya.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Mahasiswa yang Mudah dan Minim Modal

4. Obral Pakaian

Selain beberapa ide makanan di atas, kamu juga bisa menjual pakaian. Dengan sistem obral biasanya bisa lebih diminati. Pilihlah desain dan jenis yang universal sesuai dengan preferensi target pelangganmu.

Contoh pakaian yang umum dijual di mobil adalah daster, batik kasual, pakaian anak, hingga celana pria. Selain pakaian, kamu juga bisa menjual aksesoris fashion seperti topi atau syal.

5. Oleh-Oleh Tradisional

Jenis produk ini juga bisa menjadi pilihan untuk dijual, terutama jika kamu menjualnya di alun-alun atau tempat wisata yang ikonik dari sebuah daerah. Kamu bisa menjual produk oleh-oleh yang banyak dikenal wisatawan hingga opsi produk yang unik untuk menarik minat pelanggan.

Contoh produk oleh-oleh tradisional adalah keripik, kerupuk, kue kering, olahan permen tradisional, gantungan kunci, hingga kerajinan bambu. Kamu juga bisa mengeksplorasi berbagai jenis oleh-oleh lain yang khas di tempat kamu berjualan.

6. Mainan Anak

Terdapat berbagai jenis mainan anak yang bisa kamu pilih untuk dijual, mulai dari mainan tradisional hingga mainan modern. Pastikan untuk menjual produk mainan ini di tempat yang kemungkinan akan banyak dikunjungi anak-anak, ya. Misalnya taman bermain, taman kota, sekolah, hingga pasar malam.

Untuk menarik perhatian anak-anak, kamu juga bisa membuat banner atau balon yang unik. Tampilkan produk dengan rapi agar anak-anak mudah menemukan mainan yang mereka inginkan.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Paling Laris, Cocok untuk Pemula

7. Merchandise

Merchandise yang kamu jual bisa berupa merchandise Korean Pop, Japanese Pop, klub bola, dan lain sebagainya. Pastikan kamu menjual produk sesuai dengan lokasi, ya. Misalnya, merchandise K-Pop saat acara konser, atau merchandise klub saat pertandingan.

Untuk menjaga keamanan hak cipta, kamu bisa juga menjual merchandise resmi. Pastikan kamu mengetahui proses legalitas jika ingin menjual kembali merchandise resmi, ya.

Nah, untuk mempermudah proses penjualan, kamu juga perlu menyediakan pembayaran online untuk bertransaksi dengan pelanggan. Dengan langkah ini, kamu tidak perlu menyetok uang kembalian atau petty cash. Semua transaksi bisa tercatat otomatis untuk menghindari modus penipuan.

Kamu bisa menggunakan platform pembayaran online dari Instapay yang bisa dikelola dari aplikasi mobile atau website. Instapay adalah bagian dari iFortepay yang didukung ekosistem pembayaran aman dan kuat. Tersedia beragam metode pembayaran yang bisa dipilih untuk menerima pembayaran. Kamu juga bisa mengajukan QRIS Statis atau QRIS Cetak untuk dipasang di tempat jualanmu. Pelajari Instapay Selengkapnya >>>

Demikian ulasan tentang ide jualan di bagasi mobil yang diharapkan bisa menjadi tambahan referensi usaha kamu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Temen Insta!