Kreativitas untuk memulai bisnis bisa diawali dari rumah. Salah satunya dengan membuka usaha jasa yang tidak memerlukan modal besar. Usaha jenis ini menjadi peluang yang optimal untuk menambah sumber pendapatanmu. Dengan adanya perkembangan teknologi, usaha jasa bisa juga dilakukan tanpa bertatap muka dengan pelanggan. Atau dilakukan secara online.

Dari sekian banyak ide usaha yang ada, Instapay telah menghimpun beberapa usaha jasa yang bisa kamu jalankan dari rumah. Apa saja jenis usahanya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel ini sampai akhir ya, Temen Insta.

Peluang Usaha Jasa

Usaha jasa pada dasarnya cukup menjanjikan mengingat tingginya permintaan masyarakat. Mulai dari yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari hingga layanan yang menunjang kelancaran bisnis. Jasa berkaitan erat dengan keterampilan atau skill sehingga pastikan kalau kamu sudah menguasai skill yang ditawarkan ke pelanggan dengan terampil.

Perlu dipahami bahwa usaha jenis ini tidak mempunyai produk fisik sehingga penting untuk memilih jenis pemasaran yang tepat. Misalnya dari segi foto produk, usaha jasa tidak akan menampilkan produk fisik spesifik karena memang produk yang ditawarkan berupa layanan. Sebagai gantinya, pemilik usaha jenis ini bisa menampilkan contoh penggunaan layanan atau portofolio jika yang ditawarkan berupa produk digital.

Usaha rumahan mempunyai keuntungan yaitu tidak perlu menyewa tempat usaha dan meminimalisir ongkos untuk transportasi. Selain itu, usaha di rumah juga memungkinkan pemilik usaha untuk mengeksplor produk dengan lebih teliti karena berada di ruangan privat yang familiar. Usaha yang memerlukan ketelitian tinggi juga cocok untuk dilakukan di rumah, selama tidak memerlukan peralatan dengan perawatan khusus.

Ide Usaha Jasa dari Rumah

ide-usaha-jasa

Berikut ini beberapa inspirasi usaha jasa yang bisa kamu lakukan dari rumah. Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan skill yang kamu kuasai. Selain itu, pastikan bahwa alat yang digunakan sesuai dengan budget dan sumber daya yang dimiliki, ya. Simak selengkapnya dalam ulasan ini:

1. Jasa Digital Marketing

Kini, marketing tidak hanya dilakukan secara konvensional tapi juga telah merambah ke ranah digital. Proses pemasaran yang menggunakan platform dan teknologi digital dikenal dengan digital marketing. Digital marketing menjadi salah satu skill yang paling dicari untuk mendukung pemasaran bisnis secara online.

Proses setting dan perencanaan iklan, pengaturan SEO website, hingga pembuatan laporan menjadi beberapa kegiatan utama yang dilakukan seorang digital marketer. Tawarkan jenis layanan sesuai dengan kemampuan kamu, ya.

2. Usaha Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu layanan yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan, mulai dari individu hingga organisasi. Desain yang tepat menjadi bagian dari aktivitas branding. Desain grafis biasanya menggunakan tools yang mendukung untuk desain, seperti Adobe After Effects dan Adobe Photoshop.

Bahkan UMKM pun tidak luput dari kebutuhan akan desain grafis yang menarik. Misalnya untuk membuat logo, banner promosi, hingga flyer pengenalan produk. Agar menjadi beda dari yang lain, kamu bisa memilih target pasar yang spesifik dan menawarkan layanan yang sesuai.

Baca juga: Mengenal Target Pasar dan Cara Menentukannya

3. Usaha Potong Rambut

Selain usaha layanan digital, layanan potong rambut juga bisa menjadi pilihan jika ingin memulai usaha rumahan. Alat yang dibutuhkan juga cenderung sederhana, seperti gunting rambut, sisir, cermin, apron, dan lain sebagainya. Pelanggan pertama bisa dimulai dari orang-orang terdekat yang tinggal di sekitar rumah.

4. Jasa Laundry

Usaha jasa yang selanjutnya berkaitan dengan kebersihan pakaian, yaitu laundry. Layanan ini merupakan layanan yang mendasar karena dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari. Untuk kamu yang tinggal di area padat penduduk atau kota besar, usaha jenis ini patut dicoba sebagai usaha rumahan yang potensial.

5. Les Privat

Usaha les privat bisa dilakukan secara online maupun offline di rumah. Untuk les privat online, pemilik usaha tentunya bisa menjangkau lebih banyak calon peserta karena tidak terbatas oleh jarak. Beberapa les privat yang umum dilakukan adalah les bahasa, les public speaking, les menulis, hingga les khusus untuk sesi olah raga seperti personal trainer.

6. Jasa Jahit Pakaian

Jenis usaha yang satu ini juga masih menjadi pilihan masyarakat saat ingin membuat busana yang personal. Karena mulai dari segi desain, pemilihan bahan, sampai ukuran bisa diatur sesuai keinginan pelanggan. Selain untuk pakaian sehari-hari, pelanggan yang menggunakan jasa jahit biasanya digunakan untuk membuat busana pada acara-acara khusus. Misalnya kebaya wisuda, baju lebaran keluarga, jas pernikahan, dan lain sebagainya.

7. Penerjemah Bahasa

Layanan penerjemah bahasa bisa digunakan untuk berbagai jenis platform. Subtitle film, series, dan video Youtube menjadi contoh penerjemahan yang populer. Selain itu, penerjemah untuk website dan konten digital juga banyak dicari saat ini. Manfaatkan kemampuan bahasa asing yang kamu miliki sebagai sumber peluang usaha.

Baca juga: Cara Membuat Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

8. Asisten Virtual

Asisten virtual bertanggungjawab terhadap kebutuhan administrasi dari klien. Kamu bisa bekerja sebagai dengan menawarkan jasa sebagai personal asisten untuk seorang individu. Atau bisa juga menawarkan jasa asisten virtual pada sebuah perusahaan yang menangani klien-klien dari perusahaan tersebut. Ketelitian dan ketepatan waktu sangat diperlukan dalam usaha jenis ini.

9. Usaha Jasa Konsultan

Bidang usaha konsultan erat kaitannya dengan keterampilan di bidang tertentu. Jika kamu mempunyai keterampilan khusus, jasa konsultan bisa menjadi pilihan menarik. Selain itu, pemilik usaha bisa berkolaborasi bersama partner dengan keahlian lain untuk saling melengkapi produk layanan yang ditawarkan. Contoh jasa konsultan di antaranya: konsultan pendidikan, jasa perencanaan bangunan, konsultan teknologi digital, dan lain-lain.

10. Salon Kecantikan

Usaha jasa yang satu ini biasanya lebih banyak diminati oleh kaum wanita. Tidak hanya bermodal alat make-up mahal, keterampilan meriaslah yang menjadi poin utama pada usaha jenis ini. Salon kecantikan bisa dimulai dari rumah dengan menawarkannya pada orang-orang terdekat. Jika memungkinkan, abadikan hasil riasan sebagai bagian dari portofoliom riasanmu.

Tahukah kamu kalau usaha jasa juga bisa membuat katalog produk? Setelah menemukan jenis usaha yang ingin dijalankan, pemilik usaha bisa membuat katalog produk menggunakan e-catalog dari Instapay. Proses pembuatan gratis tanpa biaya langganan. Katalog ini juga sudah terhubung dengan beragam metode pembayaran online yang praktis. Pelajari e-catalog selengkapnya >>>

Demikian artikel tentang ide usaha di bidang jasa yang bisa kamu lakukan dari rumah. Semoga artikel ini bisa menjadi bahan bacaan yang informatif dan bermanfaat untuk bisnismu ya, Temen Insta. Selamat berbisnis!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment