Lebaran atau Idul Fitri adalah momentum belanja bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, membuat promo Lebaran adalah pilihan yang tepat guna meningkatkan penjualan. Masyarakat cenderung lebih konsumtif pada momentum ini pada berbagai jenis kebutuhan. Sehingga, bisnis dari berbagai industri bisa mengambil peluang ini untuk membuat promo.

Namun, memilih jenis promo yang pas juga sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuksesan campaign Lebaran yang dijalankan. Apakah kamu sedang mencari inspirasi promo Lebaran yang menarik dan efektif untuk bisnismu? Yuk temukan berbagai inspirasi promo yang telah dirangkum dalam artikel ini. Baca sampai akhir ya, Temen Insta!

Persiapan Promo Lebaran

Persiapan yang matang dapat memberikan hasil yang lebih optimal saat menjalankan promo Lebaran. Perlu dipahami bahwa promo ini dijalankan selama bulan Ramadan atau menjelang Lebaran, sehingga pastikan untuk menyesuaikan kondisi sumber daya dan jam operasional sehingga tidak malah memberatkan bisnismu sendiri.

Persiapan paling mendasar yang bisa dilakukan adalah melakukan riset sebelum menjalankan promo. Perhatikan dengan detail kondisi bisnismu dan pelanggan yang ada saat ini. Misalnya dengan melakukan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap ketersediaan stok produk agar mampu memenuhi permintaan pelanggan.

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah memastikan promo Lebaran ini dibuat berdasarkan perhitungan budget yang jelas. Jangan sampai kita berniat mendongkrak penjualan, tapi malah mendatangkan kerugian. Periksalah laporan keuangan bulan-bulan sebelumnya, dan tentukan budget promo yang paling sesuai dengan bisnismu.

Baca juga: Apa Itu Laporan Keuangan? Berikut Fungsi dan Jenisnya dalam Bisnis

Inspirasi Promo Lebaran

ide-promo-lebaran

Setelah mengetahui gambaran umum mengenai persiapan promo Lebaran, sekarang mari kita bedah tentang berbagai inspirasi promo yang bisa kamu terapkan di Lebaran tahun ini. Pastikan bahwa promo yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan bisnismu, ya. Simak ulasan lengkapnya berikut:

1. Buy 1 Get 1

Promo jenis ini cocok untuk pemilik bisnis yang mempunyai stok produk yang berlebih atau ingin menghabiskan produk dalam jumlah yang besar. Pelanggan akan tertarik untuk membeli karena kuantitas produk yang lebih banyak untuk harga satuan.

Promo jenis ini biasanya juga dipilih pelanggan yang ingin membeli bersama teman atau orang terdekatnya. Sehingga, 2 barang untuk 2 orang tapi cukup membayar harga satuan. Hal ini tentunya bisa mendorong promosi secara word of mouth.

2. Diskon Harga

Ini adalah jenis promo Lebaran yang paling sederhana dan mendasar karena cukup memberikan harga spesial atau diskon pada produk yang ditentukan. Kamu bisa memilih produk dengan peminat tinggi untuk diberikan diskon. Hal ini akan semakin mendorong pelanggan untuk membelinya.

3. Bundle Lebaran

Bundle Lebaran cocok untuk pemilik bisnis yang mempunyai rangkaian produk yang berkesinambungan atau saling melengkapi. Misalnya bundle sendok dan piring, kue dan tea set, hingga sajadah dan mukenah. Tambahkan ornamen Lebaran yang khas untuk menambah semarak dari bundle produk yang ditawarkan.

4. Kode Promo

Untuk kamu yang ingin mempunyai promo ikonik yang mudah diingat pelanggan, kode promo adalah pilihan yang tepat untuk menjadi promo Lebaran. Buatlah kode unik untuk dibagikan ke pelanggan. Kemudian kode ini bisa digunakan untuk mendapatkan harga khusus saat akan melakukan pembayaran.

Dulu kode promo harus diserahkan secara manual dalam bentuk kupon di kasir, kini pemilik bisnis bisa mendapatkan format kode promo digital yang otomatis. Buatlah kode promo untuk campaign Lebaran dengan mudah di Instapay.

Pelanggan cukup memasukkan kode promo di halaman invoice untuk memberikan potongan harga sesuai dengan promo yang ingin pemilik bisnis berikan. Prosesnya cepat dan tidak perlu hitungan manual. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut >>>

5. Promo Gratis Ongkir

Promo gratis ongkir (ongkos kirim) adalah pilihan yang pas bagi pemilik bisnis online. Kamu bisa menambahkan kisaran biaya pengiriman pada harga produk yang dijual. Perhitungkan budget promo ini agar harga produk tidak terlampau mahal dari daya beli target pelanggan tapi tetap mendatangkan laba atau keuntungan untuk bisnis.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Promosi Penjualan yang Efektif

6. Kontes

Mengadakan kontes adalah cara jitu untuk menambah brand awareness. Misalnya kontes membuat video TikTok atau reels Instagram. Dengan ini, bisnis kamu akan mendapatkan exposure secara cuma-cuma dari peserta kontes. Pastikan bahwa hadiah promo yang diberikan pada pemenang cukup menarik dan sesuai dengan target pelanggan dari bisnismu, ya.

Demikian ulasan singkat mengenai inspirasi dari berbagai promo lebaran yang bisa membantu untuk mendongkrak penjualan. Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment