Menjalankan bisnis secara online tentunya memerlukan sistem berbelanja yang bisa diakses secara online. Karenanya, mengetahui cara membuat katalog online sangat penting dipahami oleh seorang pemilik bisnis termasuk pemula.

Perkembangan teknologi membawa berbagai kemudahan termasuk dalam membuat sebuah katalog online. Temukan penjelasan lengkap mengenai cara membuat katalog online yang mudah dan gratis dalam artikel ini yuk, Temen Insta. Baca sampai akhir, ya!

Apa Itu Katalog Online?

Katalog online adalah sebuah katalog produk atau daftar produk yang dapat diakses secara online dan dilengkapi dengan rincian informasi yang membantu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian. Katalog ini pada umumnya disusun secara sistematis sehingga lebih mudah dipahami pelanggan.

Dengan mengetahui cara membuat katalog online, pemilik bisnis mampu mengumpulkan informasi berbagai produk dalam satu tempat dan memperlancar pengenalan produk dari pemilik usaha ke calon pelanggan. Katalog yang tepat berpotensi meningkatkan penjualan karena rincian informasi yang disajikan mampu membuat pelanggan yakin untuk membeli.

Selain itu, alur komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih ringkas karena pemilik usaha tidak perlu menjelaskan produk satu per satu. Hal ini juga meningkatkan kenyamanan belanja dan dapat menambah tingkat kepuasan pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat QRIS dengan Mudah, UMKM pun Bisa!

Ciri Katalog yang Optimal

Cara membuat katalog online yang dilakukan dengan efektif mampu menghasilkan katalog online yang optimal. Nah, katalog optimal tersebut mempunyai beberapa ciri, lho. Pastikan katalog yang kamu buat mempunyai satu atau bahkan semua ciri berikut, ya. Di antaranya adalah:

1. Mudah Dibagikan

Katalog yang dibuat sebaiknya mudah dibagikan ke pelanggan dan dapat diakses tanpa perlu proses atau perangkat rumit. Hindari membuat katalog dengan akses yang sulit, misalnya dalam bentuk pdf dengan ukuran file yang besar.

Kamu bisa membagikan katalog dengan mudah melalui berbagai media sosial, chat room, hingga email. Bentuk katalog yang mudah diakses bisa berupa link atau kode QR. Aksesibilitas yang fleksibel tentu akan memberikan keleluasaan bagi pelanggan untuk menjelajahi daftar produk yang kamu tawarkan.

2. Bersifat Informatif

Salah satu ciri penting dari cara membuat katalog online yang efektif adalah menghasilkan sebuah katalog yang informatif. Informasi yang dicantumkan sebaiknya dikurasi sedemikian rupa sehingga apa yang tercantum adalah poin penting yang ingin disampaikan ke pelanggan.

Beberapa informasi penting yang dicantumkan di antaranya adalah nama produk, harga, deskripsi, dimensi/ukuran, berat, petunjuk penggunaan, dan cara penyimpanan produk. Buatlah pelanggan seolah bisa menggambarkan produk yang dijual dengan jelas meskipun tidak menyentuh produk tersebut secara langsung.

3. Terhubung dengan Pembayaran

Ciri penting yang membedakan katalog konvensional adalah adanya integrasi dengan pembayaran. Sangat disayangkan jika katalog online hanya berupa display produk tanpa adanya opsi pembayaran di dalamnya. Akses pembayaran yang terintegrasi dan mudah tentunya mampu meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.

Baca juga: 5 Ciri Katalog Barang yang Optimal untuk Jualan Online

Cara Membuat Katalog Online dengan Instapay

cara-membuat-katalog-online-instapay

Katalog online adalah bagian dari pemasaran digital yang sangat potensial untuk dikembangkan. Dengan Instapay, kamu bisa membuat katalog online secara sederhana dan mudah cukup melalui ponsel. Pastikan untuk mendownload aplikasi mobile Instapay terlebih dahulu, yang sudah tersedia di App Store dan Play Store. Klik di sini untuk download.

Berikut ini cara membuat katalog online di Aplikasi Instapay:

1. Klik Toko Saya

instapay home screen

2. Klik Buka Toko Baru

e catalog untuk bisnis

3. Pilih Jenis Toko

instapay-kategori-catalog

4. Masukkan Informasi Toko

Membuat catalog baru

5. Tambahkan Produk

informasi produk di katalog

6. Bagikan Link ke Pelanggan

online catalog link

Mudah, bukan? Kamu bisa membaca panduan cara membuat katalog online lebih lanjut dengan klik di sini, ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnismu. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment