Cara menghasilkan uang dari internet kini semakin beragam mengingat luasnya peluang yang bisa kamu kembangkan dari teknologi ini. Adanya internet juga memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja, selama ada akses internet yang mendukung.

Kamu juga bisa memulainya sebagai sumber penghasilan sampingan, yang mungkin saja bisa berkembang menjadi sumber penghasilan utama. Tertarik mengetahui berbagai cara menghasilkan uang dari internet? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini ya, Temen Insta!

Cara Menghasilkan Uang dari Internet

kerja-sama

Perkembangan teknologi memungkinkan masyarakat untuk menghasilkan uang dari berbagai sumber, termasuk dari internet. Berikut ini adalah rangkuman berbagai cara menghasilkan uang dari internet yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi dan kemampuan yang kamu punya.

1. Bisnis di Media Sosial

Media sosial adalah platform yang sangat potensial untuk memasarkan produk-produk bisnis. Misalnya bisnis fashion, FnB, pariwisata, dan masih banyak lainnya. Untuk membantu menarik calon pelanggan, pemilik bisnis bisa membuat berbagai konten yang informatif dan unik.

Alur transaksi pembelian yang mudah juga menjadi kunci untuk menjalankan bisnis yang laris pesanan. Kamu bisa menyediakan e-Catalog dari produk-produk yang dijual menggunakan e-Catalog dari Instapay by iFortepay yang sudah terhubung dengan daftar produk, halaman pembayaran, dan opsi pengiriman. Coba gratis di sini.

Baca juga: Ide Konten Media Sosial yang Menarik untuk Bisnis UMKM

2. Jasa Editing Foto & Video

Skill editing juga bisa menjadi sumber cuan tambahan, lho. Kamu bisa menawarkan jasa editing untuk foto atau video. Baik itu fokus untuk satu jenis segmen saja, atau bisa juga bebas mengikuti kebutuhan pasar. Misalnya fokus editing foto untuk wedding, editing untuk konten media sosial, atau bahkan menjadi editor video freelance bagi content creator.

3. Blogging

Pada awal mula blog berkembang di Indonesia, platform ini sering menjadi tempat curhat bagi para penggunanya. Kini, blog berkembang menjadi tempat untuk membagikan informasi, edukasi, atau bahkan review. Blog yang berkembang biasanya mempunyai satu topik utama (niche) yang membuat blog tersebut dikenal.

Misalnya blog tentang teknologi, kecantikan, self improvement, traveling, dan lain sebagainya. Dengan traffic yang cukup, kamu bisa memonetisasi blog kamu. Misalnya dengan menyediakan kolom guest posting, paid backlink, hingga Google AdSense.

4. Jasa Paid Ads

Iklan atau paid advertising kini tidak hanya ada di media mainstream seperti TV nasional, tapi juga berkembang di berbagai platform internet. Seperti Google Ads, Meta Ads, TikTok Ads, dan lain-lain. Namun, tidak semua orang mempunyai waktu dan kemampuan untuk mempelajari hal ini meskipun mereka membutuhkannya.

Kamu bisa menawarkan jasa paid Ads kepada pemilik bisnis atau bisa juga perseorangan yang ingin mengembangkan personal branding di media sosial sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet.

5. Freelancer SEO

Selain dari kanal berbayar seperti Paid Ads, kanal marketing juga tersedia versi organik seperti Search Engine Optimization (SEO). Hal ini memungkinkan sebuah website untuk muncul di halaman pertama Google ketika ada orang yang mengetikkan keyword tertentu. Skill SEO bisa dimonetisasi dengan menjadi freelancer SEO.

Baca juga: 10 Ide Jualan Kekinian Modal Kecil yang Menguntungkan, Apa Saja?

6. Tutor Online

Proses pembelajaran atau tutoring kini bisa juga dilakukan secara online. Tutor online adalah salah satu pilihan yang tepat untuk ditawarkan jika kamu memiliki keahlian tertentu dan ingin membagikannya ke orang lain. Selain menawarkan kelas kursus secara mandiri, kamu bisa bergabung dengan lembaga kursus online sebagai tutor atau pembicara.

7. Penerjemah

Cara menghasilkan uang dari internet ini cocok bagi kamu yang menguasai lebih dari satu bahasa. Biasanya jasa penerjemah bisa berupa dokumen, subtitle video, hingga script sebuah konten. Perhatikan juga tata bahasa dan kesesuaian gaya bahasa sesuai konteks dan kebutuhan klien.

8. Data Analis

Data analis adalah pihak yang mengolah dan menginformasikan data untuk kepentingan tertentu, misalnya bisnis. Pengolahan data yang akurat menjadi pintu gerbang untuk mengambil keputusan bisnis strategis hingga memperluas pengetahuan bagi penggunanya. Manfaatkan kemampuan sebagai data analis sebagai sarana menghasilkan uang.

9. Asisten Virtual

Pekerjaan online yang membantu klien terkait kebutuhan administrasi hingga bisnis biasa dikenal dengan asisten virtual. Contoh tugas yang dilakukan adalah mengatur jadwal dan panggilan telepon sebagai asisten pribadi, melakukan entri data, hingga manajemen media sosial.

10. Digital Tester

Produk digital sudah semakin masif digunakan. Contoh dari produk digital adalah aplikasi, dashboard, dan website. Menjadi digital tester dari produk digital menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari internet yang tidak kalah menarik untuk dicoba.

11. Jasa Pembuatan Website

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website bisa sangat beragam tergantung jumlah halaman, kompleksitas tampilan, dan lain sebagainya. Pastikan untuk membuka jasa pembuatan website yang sesuai dengan skill dan sumber daya yang kamu miliki untuk memastikan hasilnya optimal sesuai kebutuhan klien.

12. Podcaster

Kemampuan public speaking juga bisa ditunjukkan melalui podcast. Aktivitas ini bisa dilakukan secara individu atau berkelompok. Sejak pandemi covid 19, podcast menjadi konten yang cukup populer dan digemari masyarakat Indonesia. Podcast pada mulanya hanya ada dalam format audio, tapi kini juga berkembang menjadi video.

13. Jasa Fotografi

Perkembangan digital membuat masyarakat semakin ingin untuk mengabadikan momen dalam hidup mereka. Namun, tidak semua orang piawai mengoperasikan kamera. Kamu bisa mengambil peluang ini sebagai ide bisnis yang potensial. Jenis fotonya juga beragam, contohnya foto pernikahan, foto wisuda, bahkan pas foto untuk keperluan formal.

14. Jastip

Jastip atau jasa titip menyasar calon pelanggan yang menginginkan produk-produk unik dan biasanya tidak bisa dijangkau dengan mudah oleh mereka. Misalnya produk dari brand-brand tertentu di luar negeri atau makanan kemasan unik yang tidak dijual secara massal di Indonesia.

Peluang ini cocok menjadi cara menghasilkan uang dari internet. Buat postingan di media sosial untuk menarik calon pelanggan. Pada umumnya, pelanggan yang akan ikut dalam batch tertentu akan diundang ke group chat atau bisa juga dengan menawarkan pengalaman belanja personal dengan chat pribadi pada masing-masing pelanggan.

15. Host Live Streaming

Live streaming masih menjadi salah satu jenis konten yang diminati pelanggan Indonesia. Kamu bisa menawarkan jasa host live streaming, terutama jika kamu mempunyai kemampuan public speaking yang baik. Live streaming ini bisa juga berupa live shopping yang membantu pelanggan belanja secara online.

16. Jual Foto di Microstock

Tahukah kalau karya foto yang kamu buat bisa dijual dengan mudah di internet? Kamu bisa menjualnya ke situs microstock resmi. Microstock adalah platform yang menjadi wadah pelaku industri kreatif untuk menjual karya mereka di internet sehingga bisa menjangkau pelanggan di seluruh dunia.

Contoh dari situs microstock adalah Shutterstock, Adobe Stock, Freepik, Canva, iStockphotos, dan Depositphotos.

17. Partisipan Survey

Cara menghasilkan uang dari internet yang selanjutnya adalah menjadi partisipan survey berbayar. Peserta akan disuguhi beberapa formulir yang berisi pertanyaan dan akan mendapatkan komisi atau bayaran ketika survey sudah selesai diisi. Pastikan keabsahan dari pembuat survey untuk menghindari penipuan.

18. Admin Media Sosial

Sebuah media sosial pada umumnya memerlukan admin untuk menjalankannya. Misalnya untuk mengunggah konten, menjawab pertanyaan di kolom komentar, hingga membalas pesan di kotak masuk chat. Kondisi ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan menawarkan jasa admin media sosial.

19. Narator Audiobook

Selain podcast, kemampuan olah berbicara juga bisa dimanfaatkan sebagai narator audiobook. Buku yang dikemas dalam bentuk audio dikenal dengan audiobook. Buku jenis ini membuat pembaca tidak perlu lagi fokus memegang buku saat ingin membaca, tapi bisa didengarkan sembari mengerjakan aktivitas lain.

20. Membuat e-Book

Jika kamu mempunyai kemampuan dan kegemaran dalam bidang menulis, maka membuat e-book adalah pilihan yang tepat. e-book ini bisa kamu terbitkan secara mandiri ataupun berkolaborasi dengan penerbit. Buku yang diterbitkan biasanya berupa naskah nonfiksi yang membahas tentang topik tertentu.

21. Menyewakan Airbnb

Kamar atau ruang yang kosong bisa menjadi potensi cuan dengan menyewakannya secara online. Airbnb adalah platform penyewaan akomodasi yang bisa menjangkau pelanggan lokal hingga internasional. Pastikan untuk mencantumkan detail kamar atau ruang yang disewakan untuk memperjelas pemahaman calon pelanggan.

22. Menjual Barang Bekas

Barang bekas yang ada di rumah juga bisa dijual sebagai salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Untuk mempermudah penjualan, kamu bisa menjualnya melalui komunitas di media sosial atau bisa juga menjualnya di situs penjualan barang-barang bekas.

23. Reseller

Reseller adalah orang atau pelaku bisnis yang membeli produk dari satu atau berbagai pihak lain. Namun bukan dengan tujuan untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri, melainkan dijual kembali demi memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Baca juga: Kupas Tuntas Reseller, Usaha Cuan Tapi Minim Modal

24. Dropshipper

Berbeda dengan reseller yang pada umumnya menstok produk yang akan dijual, dropshipper menjual kembali barang dari supplier tanpa menstok barang tersebut. Sehingga order dari pelanggan diteruskan langsung oleh dropshipper ke supplier.

Barang kemudian dikirim supplier ke alamat pelanggan. Seorang dropshipper bisa mengambil selisih harga dari supplier dan nominal yang akan dijual ke pelanggan untuk menjadi sumber laba.

25. Jasa Motion Grafis

Motion adalah objek yang bergerak. Motion grafis menggabungkan video dengan desain grafis. Beberapa elemen yang diperhatikan dalam motion grafis adalah 3D, 2D, ilustrasi, animasi, tipografi, fotografi, video, dan musik. Motion grafis pada umumnya digunakan untuk peluncuran produk, video tutorial, hingga konten media sosial.

26. Jasa Konsultan

Memiliki pemahaman dan kompetensi di bidang tertentu bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet dengan menjadi konsultan. Jenisnya pun sangat beragam seperti konsultan media sosial, teknologi, pemasaran, akuntansi, pajak, dan masih banyak lainnya.

27. Jasa Ketik

Proses pengetikan pada umumnya memerlukan waktu dan tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup untuk mengerjakan hal ini. Kamu bisa menawarkan jasa ini sebagai sumber pendapatan tambahan yang dikerjakan di waktu senggang.

28. Editing Naskah

Proses editing naskah memerlukan proofreading, kesesuaian antar kalimat, hingga pemadu padanan gaya kebahasan yang tepat. Jika kamu mempunyai skill yang mumpuni di bidang ini, maka jasa editing naskah bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang potensial untuk dilakukan.

29. Bagikan Newsletter

Berbeda dengan e-book yang pada umumnya lebih tebal dan lengkap, newsletter biasanya dibagikan melalui email yang berisi informasi ringkas mengenai suatu topik. Misalnya update berita terbaru atau bahkan konten edukasi informasional. Selain itu, newsletter juga bisa dimanfaatkan sebuah brand untuk promosi.

30. Content Creator

Aktivitas pembuatan konten bisa dibilang cukup menjanjikan di era digital seperti saat ini. Biasanya content creator memanfaatkan berbagai platform media sosial seperti Youtube, Instagram, TikTok, hingga Twitter untuk membagikan karya mereka. Bentuk karyanya pun bisa beragam, misalnya foto atau video.

Demikian rangkaian daftar cara menghasilkan uang dari internet yang layak untuk kamu coba. Semoga usahamu berhasil, ya. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Temen Insta!